Kades Singolatren Langgengkan Tradisi Sambangi Kaum Duafa

"APANDI" Kades Singolatren Langgengkan Tradisi Sambangi Kaum Duafa

Kabaroposisi.net (Banyuwangi)

Apandi adalah sosok pria yang sejak sebelum menjabat sebagai Kepala Desa periode pertama 2013 – 2019 dan periode ke duanya 2019 – 2025 ini. Memang sudah dikenal publik sosok yang pandai bergaul dengan siapapun. Karenanya nama Apandi tidak hanya dikenali oleh warga se Desa Singolatren Kecamatan Singojuruh Banyuwangi saja.

Kepala Desa Singolatren “APANDI” saat sambangi warga

Bisa dibilang prilaku dan kepribadiannya yang memasyarakat itulah yang memuluskan dirinya terpilih jadi Kepala Desa pada periode pertama juga kali keduanya itu. Hari ini Rabu 18/13/2019 Apandi Kades Singolatren ini terpantau media sedang blusukan ke Dusun Pengastulan. Ternyata Kades Apandi kedapatan sedang menemui beberapa nenek – nenek duafa lanjut usia. Kepada mereka Kades Apandi sedikit sisihkan rejekinya, meski tidak  seberapa nilainya.

“Tradisi ini saya belajar melakukan sejak sebelum menjabat Kepala Desa, karena saya meyakini sebagaimana diajarkan oleh para alim ulama’, berbagi rejeki dan kebahagiaan pada sesama akan menyelamatkan kita, baik di dunia maupun di akhirat. Selain itu saya sadar bahwa khilaf dan dosa pasti adanya pada diri saya ini mas. Urusan rejeki Allah yang ngatur kita sebatas ikhtiar di muka bumi ini mas. Dari wyak – wyak ( nenek – nenek ) ini semoga ada barokah doa untuk seluruh masyarakat Singolatren lebih baik ke depannya. Apalagi ini kebetulan masuk ke moment HARJABA, tentu juga barokah doa  kaum duafa semoga terlimpahkan untuk seluruh masyarakat Banyuwangi”, ungkapnya saat dikonfirmasi se keluarnya dari rumah – rumah warga.

Secara terpisah salah satu ibu – ibu warga Dusun Pengastulan saat dimintai keterangannya mengatakan.

“Pak Apandi niku sakat sengen pun pak nek enten rejeki mesti dugi teng mrikai, mulane kadung enten Pak Apandi mlebet kampung niki saget dititeni pun pasti goleki wong tuwek – tuwek niku. ( Pak Apandi itu sejak dulu sudah pak kalau ada rejeki pasti datang ke sini, makanya kalau ada Pak Apandi masuk ke kampung ini sudah bisa dipastikan akan mencari orang tua – orang tua itu )”, tuturnya.

Setelah itu awak media terpisah dari Kades Apandi, sepertinya Kades Apandi tidak langsung meninggalkan Dusun Pengastulan. Dari kejauhan Kades Apandi terlihat masih asyik menemui warga terutama ibu – ibu sesekali ngobrol ringan dengan mereka. (rh35/ktb).

Pos terkait