EDHIE BASKORO KIRIM TIM CEGAH COVID-19 DI NGAWI

KABAROPOSISI.NET, Ngawi – Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) benar – benar menjadi persoalan yang tidak bisa diremehkan. Sudah Puluhan Ribu jiwa menjadi korban dan ratusan ribu lainnya dinyatakan positif terjangkit yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

Ditambah lagi dengan tingkat penyebaran yang begitu cepat menjadikan tantangan besar. Masalah tersebut tidak sebatas menyelimuti negara miskin maupun berkembang,  namun negara maju juga mengalami hal sama.

Bacaan Lainnya

Begitupun dengan Indonesia yang tidak luput dari wabah Covid-19. Dari perkembangan yang dirasa membahayakan sudah menyatakan darurat Covid-19 sejak 14 Maret 2020. Keputusan tersebut diambil dengan pertimbangan jumalah korban dan jumlah terjangkit yang terus bertambah.

Dalam kondisi darurat tersebut, tidak hanya pemerintah yang berjuang dalam menanggulangi wabah, namun tumbuh kepedulian dari berbagai elemen masyarakat utamanya untuk memutus penyebaran Covid-19.

Salah satunya yang tergerak adalah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia ( DPR RI) Edhie Baskoro Yudhoyono. Legislator dari Partai Demokrat dengan Daerah Pilihan VII Jawa timur tersebut mengirim tim untuk melakukan penyemprotan desinfektan di area Kabupaten Ngawi diantaranya Desa Grudo Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi Kamis (26/3).

Dalam pelaksanannya, tim yang terdiri 4 orang tersebut menyasar pada Fasilitas Umum (Fasum) seperti Kantor Desa, musholla, masjid, hingga sekolah. Bahkan tepian jalan, tempat sampah hingga pasar tidak luput dari semprotan.

“Kita terus bergerak dari satu tempat ke tempat lain untuk memutus penyebaran Covid-19 dengan penyemprotan di area yang berpotensi menjadi tempat penularan.” Terang anggata tim

Lebih lanjut dikatakannya bila penyemprotan Fasum idealnya berulang – ulang. Hal itu dilakukan atas dasar penggunaan Fasum yang sifatnya diperbolehkan untuk siapapun. Dan tentunya dengan penggunaan fasilitas umum oleh masyarakat yang selalu bergantian berpeluang menjadi sarana penularan Covid-19.

“Penyemprotan Fasum idealnya tidak hanya sekali, namun berkali – kali. Penggunaan Fasum sangat berpotensi menjadi sarana penularan karena menjadi tempat kegiatan yang melibatkan massa.”

Sementara Kepala Desa Grudo menyampaikan terima kasih. “Saya atas nama pribadi sekaligus mewakili Pemerintah Desa Grudo mengucapkan terima kasih atas kepedulian Mas Edhie Baskoro Yudhoyono.” Terang Kades Grudo Triono ST.

“Kantor Desa memang sudah dilakukan penyemprotan desinfektan, namun dengan kedatangan masyarakat secara silih berganti kita perlu waspada. Dan idealnya penyemprotan desinfektan dilakukan berulang – ulang.” Lanjutnya.

Selain melakukan sterilisasi dengan penyemprotan desinfektan, tim juga membagi selebaran himbauan untuk menjaga diri dan keluarga dari bahaya Covid-19.

 

Pos terkait