Santriwan-Santriwati Unjuk Kebolehan Dalam Lomba-Lomba Yang Digelar Partai Demokrat Bersama FOKKAL

KABAROPOSISI.NET.|BANYUWANGI – Bertempat di Pondok Pesantren “Ibnu Sina” Jalen Desa Setail Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi Rabu 20/10/2021. Telah berlangsung lomba-lomba yang digelar oleh Partai Demokrat bersama Forum Komunikasi Kyai Langgar (FOKKAL).

Sebagaimana diketahui dari KH. Syaifudin Zuhri selaku Panitia Lomba yang sekaligus Ketua FOKKAL. Bahwa lomba-lomba digelar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, dan Hari Santri Nasional 2021. Adapun yang dilombakan diantaranya 1. Lomba Khitobah (Pidato) dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris, 2. Lomba Baca Kitab Kuning, 3. Festival Tabuh Bedug, dan 4. Lomba Tari Zapin dan Lalaran Nadzom Alfiyah Ibnu Malik.

Sementara untuk jumlah peserta yang mengikuti lomba-lomba di hari pertama adalah sebanyak 80 peserta. Dengan rincian peserta lomba Khitobah (Pidato) bahasa Arab sebanyak 26 peserta, Khitobah (Pidato) bahasa Inggris sebanyak 34 peserta, dan lomba baca Kitab Kuning sebanyak 20 peserta.

Memang untuk mengikuti lomba-lomba tersebut pesertanya tentu dari yang punya pengetahuan dan kemampuan di atas rata-rata.

Lomba dibuka langsung oleh Ketua DPC Partai Demokrat Michael Edy Hariyanto, SH yang juga salah satu Pimpinan di DPRD Banyuwangi Fraksi Demokrat. Dalam acara pembukaan, KH. Masykur Ali Pengasuh Pondok Pesantren “Ibnu Sina” Jalen Desa Setail Kecamatan Genteng. Selaku yang berketempatan dan atas nama para Kyai Pengasuh Pondok Pesantren yang hadir.

Mengucapkan terima kasih atas kepedulian Partai Demokrat yang disebutnya “lahir batin” peduli terhadap santriwan-santriwati. Dalam rangka memperingati “Maulid Nabi Muhammad Saw” dan “Hari Santri Nasional 2021”. Gelar lomba-lomba yang artinya memberi ruang dan fasilitas kepada santriwan-santriwati di Banyuwangi, untuk asah kemampuan dan mengembangkan bakat yang dimilikinya.

Lebih lanjut dikatakan, yang mana dengan digelarnya lomba-lomba tersebut akan jadi pemantik api semangat Pondok Pesantren di Banyuwangi untuk melahirkan putra-putri bangsa yang betul-betul berkualitas dan berahklaq.

Kyai Maskur Ali berharap ke depan Partai Demokrat bisa ciptakan ajang lomba yang lebih besar lagi. Agar mengispirasi dan memacu Pondok Pesantern di Banyuwangi mencetak santriwan-santriwanti yang memberikan harapan masa depan baik untuk pribadinya, keluarga, dan bangsa.

Michael Edy Hariyanto, SH Ketua DPC yang juga salah satu Pimpinan DPRD Banyuwangi Fraksi Demokrat. Sebelum membuka acara lomba, awali dengan memberikan sambutan singkatnya mengatakan. Bahwa Partai Demokrat akan selalu mensupport kegiatan-kegiatan Pondok Pesantren khususnya di Banyuwangi. Dengan harapan Pondok-Pondok Pesantren di Banyuwangi lulusan santri-santrinya menjadi putra-putri terbaik dan berkualitas. Dan punya peran penting untuk kemajuan pembangunan bangsa dan negara khususnya untuk Banyuwangi.

Pantauan media dilokasi lomba Khotabah (Pidato) yaitu pidato dalam bahasa Arab dan bahasa Ingris. Bukan main hebatnya santriwan-santriwati unjuk kebolehan berpidatonya di atas panggung. Kemampuan para santri berpidato dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris membuat terkagum-kagum hadirin.

Meski kebanyakan yang hadir tidak memahami maksut dan arti apa yang dipidatokan oleh peserta lomba, kecuali para Juri. Angguk-angguk kepala, sorak sorai dan tepuk tangan ekspresi kebanggaan menyeruak di setiap awal dan akhir pidato peserta.

Untuk diketahui untuk kelanjutan lomba berikutnya yaitu lomba Tari Zapin, Festival tabuh bedug dan Lalaran Nadzom Alfiyah Ibnu Malik, akan dilangsungkan besok Kamis (21/10/21), dengan waktu yang sama. (r35).

Pos terkait