Forpimka Bersama Timkes PKM Singojuruh, Terus Buru Warga Yang Diketahui Belum Vaksin

KABAROPOSISI.NET.|BANYUWANGI – Bertengger di peringkat pertama capaian cakupan vaksinasinya, Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) dan Tim Kesehatan Puskesmas Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Masih terus bergerak buru warganya yang belum mendapatkan suntik vaksin baik umum maupun yang lansia.

Terpantau media hari ini Sabtu 20/11/2021 kegiatan vaksinasi memang dipusatkan di dua titik lokasi yaitu Pendopo kantor Desa Lemahbangkulon dan Pendopo kantor Desa Cantuk. Tapi ternyata Pendopo kantor Desa hanya sebagai tempat formalitas saja bagi yang mau hadir. Sementara Tim Vaksinator yang lain didampingi Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kadus setempat. Ada yang blusukan jemput bola ke rumah-rumah warga eksekusi berbekal data informasi dari Kadus dan RT, tentang siapa-siapa warganya yang belum suntik vaksin.

Sebagiaman disampaikan H. A. Kundori Plt. Ka. PKM Singojuruh disela kesibukannya,

“Sebenarnya sasaran vaksinasi di wilayah Kecamatan Singojuruh sudah semakin menipis. Tetapi kami tetap tidak akan berhenti di sini saja, kami harus bisa memastikan warga tidak ada yang terlewatkan untuk divaksinasi. Kalau memang ada kendala kenapa belum vaksin bisa kami ketahui apakah punya penyakit bawaan atau komurbid, apakah karena kondisi kesehatan, karena takut jarum suntik, atau yang lain. Dengan begitu kami bisa temukan salusi langkah apa yang aka kami lakukan berikut untuk sukses vaksinasi di Singojuruh”, tuturnya.

Sementara menurut Yamadik staf Kecamatan Singojuruh yang punya tugas khusus kawal dan pendataan kegiatan vaksinasi di wilayah Kecamatan Singojuruh.

“Kalau ada PR bahwa capaian harian kita harus masuk 500 kami sepakat demi Banyuwangi segera menuju Level 1, dan ini sedang kita upayakan untuk itu. Hanya saja untuk wilayah Singojuruh karena prosentase capaiannya semakin tinggi maka secara otomatis semakin berkurang sasaran kita. Nah untuk kegiatan vaksinasi kali ini dan beberapa waktu ke depan, Singojuruh tinggal uput-uput istilah Jawanya. Makanya kita sisir ke tiap dusun, kita minta Kepala Desa, Kepala Dusun bahkan RT untuk validasi data warganya siapa saja yang ada di rumah tapi belum vaksin dan siapa saja warganya yang ada di perantauan. Dengan demikian nanti akan kita dapatkan final capaian vaksinasi yang betul-betul riel di Kecamatan Singojuruh”, urai Yamadik.

Untuk kegiatan vaksinasi di Desa Cantuk, mendukung gerakan buru warga ke tiap rumah dari pintu ke pintu. Bhabinkamtibmas Bripka Sholeh dan Babinsa Serka Boirin Ahmadi serta Kepala Dusun setempat kawal Vaksinator dari Tim Kesehatan Puskesmas Singojuruh. (r35).

Pos terkait