Michael EH, Akan Support Penuh Gerakkan Ekonomi Masyarakat Ds. Tambong Lewat Kelompok Budi Daya Ikan & Ternak

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI –Bertempat di Pendopo Kantor Desa Tambong Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi 11/01/2022 (Selasa Malam). Berlangsung acara sosialisasi tentang “Budi Daya Ikan” Program Ketahanan Pangan menghadirkan dari Dinas Perikanan dan Kelautan juga salah satu Pimpinan DPRD Banyuwangi dari Fraksi Demokrat Michael Edy Hariyanto, SH.

Agus Hermawan Kades Tambong dalam sambutannya setelah penghormatan kepada hadirin sampaikan terkait pemanfaatan potensi desanya. Dikatakan, bahwa pada program APB Des tahun 2022 Pemdes Tambong dapat amanat dari Pusat dalam rangka penguatan ekonomi masyarakat, yaitu dengan cara mengelola potensi desa yang ada.

Bacaan Lainnya

“Desa Tambong ini memiliki aliran sungai, airnya melimpah ini yang seharusnya kita garap untuk kita manfaatkan. Dari kelompok budi daya kerambah tahun ini akan kita berikan anggaran dari desa berupa pembibitan dan pakan selama 6 bulan, dan pembuatan kerambah baru. Yang kedua kelompok yang selama ini punya tambak tapi tidak produktif, ini akan kita dukung kita produktifkan lagi, kita bantu bibit dan pakan selama 6 bulan”, ungkapnya disambut tepuk tangan warganya.

Ia juga menginformasikan melalui forum tersebut, bahwa untuk mendukung hal tersebut Desa Tambong akan garap destinasi wisata kuliner. Dengan harapan produk dari hadil budi daya ikan selain bisa layani konsumen di luar juga bisa disajikan di destinasu wisata pasar kuliner. Dan untuk sukses program menggerakkan ekonomi masyarakat tersebut, Kades Agus Hermawan tidak canggung meminta support dan bantuan kepada Michael Edy Hariyanto, SH Pimpinan DPRD dari Fraksi Demokrat itu.

Michael Edy Hariyanto awali dengan memberikan wawasan bagaimana sesorang bisa sukses dan bisa jadi pengusaha. Untuk Michael sekilas bercerita tentang perjalanan hidup probadinya dari keluarga yang miskin hingga bisa jadi pengusaha.

“Setiap manusia kalau mau berusaha dan tekun menjalaninya sangat bisa menjadi sukses dan jadi pengusaha. Saya jadi pengusaha seperti ini bukan karena orang tua saya kaya, saya dari keluarga miskin sekolah SMP, SMA saya dititipkan ke saudara sambil bekerja. Kemudian bisa kuliah, untuk biaya kuliah dan biaya hidup saya dari hasil ngelesi anak-anak SMP dan SMA  dan seterusnya sehingga sekarang bisa seperti ini. Yang ingin saya katakan di sini, tidak ada rumusnya orang sukses jadi pengusaha tanpa kerja keras dan berusaha  “, supportnya.

Michael apresiasi kinerja Kades Tambong Agus Hermawan, menurutnya Kades Tambong punya program tidak hanya membangun-membangun saja, tapi punya program meningkatkan sumber daya manusianya bagaimana bisa membuat ekonomi masyarakat bergerak punya sumber penghasilan dan sejahtera.

“Saya apresiasi pada Kades Tambong ini punya program menggerak ekonomi masyarakatnya. Kepala Desa yang baik adalah yang mau memikirkan masyarakatnya bagaimana bisa berubah lebih baik kesejahteraannya. Dengan cara apa, yaitu dengan cara menggerakkan ekonomi masyarakat di desanya. Saya sangat senang dengan program budi daya ikan yang digerakkan oleh Kades Tambong ini. Saya akan support dan membantu 100 % jika masyarakat Tambong benar-benar serius mau menjalankan program gerakan ekonomi ini” tegas Michael.

Tetapi Michael tekankan juga kepada masyarakat Tambong untuk tidak main-main dengan bantuan yang akan diberikan untuk pengembangan budi daya ikan ini. Michel tegaskan, tidak ingin setiap bantuan diajukan setelah realisasi diselewengkan kegunaannya. Seperti yang sudah-sudah bantuan-bantuan dari Pemerintah tidak jelas kegunaannya tahu-tahu habis tidak ada perubahan kesejahteraan di masyarakat.

“Kalau ingin berubah nasib dan punya sumber penghasilan dari kegiatan usahanya, maka kalau dapat bantuan gunakan dengan baik untuk meningkatkan usahanya” pesannya.

Berikut Michael sampaikan kepada Kepala Desa Tambong kalau bisa tidak hanya melalui Kelompok budi daya ikan tapi juga ada Kelompok pengelola peternakan. Selanjutnya kepada Kepala Desa Michael minta untuk mencatat apa yang dibutuhkan untuk pengembangan budi daya ikan akan disupport.

Selanjutnta warga Desa Tambong dengan hikmad mengikuti sosislisasi tentang budi daya ikan dari yang berkompeten yaitu petihas Dinas Perikanan dan Kelautan Banyuwangi sampai selesai. (r35)

Pos terkait