DPRD Apresiasi, Support dan Juga Kritis Dalam Musrenbang RKPD Kabupaten Banyuwangi Tahun 2023

KABAROPOSISI.NET.|BANYUWANGI – Bertempat di Pendopo Kabupaten Banyuwangi Rabu 16/3/2022, berlangsung Musrenbang RKPD Kabupaten Banyuwangi Tahun 2023 angkat tema “Akselerasi Pemulihan Ekonomi Inklusif Berbasis Degitalisasi, Infrastruktur Tematik, Harmoni, dan Pengembangan SDM”.

Musrenbang dihadiri Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas Wakil Bupati Banyuwangi H. Sugirah, S.Pd, Jajaran Forkopimda Banyuwangi, Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Ali Mahrus, S.Hi, Michael Edy Hariyanto, SH, Ruliyono, SH, Kepala BAPPEDA Provinsi Jatim diwakili oleh Kabid Ekonomi dan Sumber Daya Alam DR. Andika Herlambang, Kepala Bakorwil V Jember Imam Hidayat, S.Sos.,MM, Sekda Banyuwangi Ir. H. Mujiono, Jajaran SKPD Banyuwangi, Tokoh Agama, Kemenag, Camat dan Kepala Desa/Kelurahan se Kabupaten Banyuwangi secara Luring dan Daring.

Dari seluruh rangkaian acara terutama sambutan-sambutan, sambutan Ketua DPRD Banyuwangi yang dalam hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Michael Edy Hariyanto, SH yang sedikit menyita perhatian peserta Musrenbang. Yang mana muatan penyampaian DPRD Banyuwangi di forum terhormat itu, selain memposisikan diri sebagai mitra Pemerintah Daerah mensupport dan mengapresiasi. Namun juga tetap pada marwahnya sebagai Wakil Rakyat yang punya fungsi kontrol dan kritis terhadap kinerja Pemerintah Daerah.

Inilah seputar sambutan Ketua DPRD Banyuwangi melalui Wakil Ketuanya yaitu Michael Edy Hariyanto, SH diawali dengan menyampaikan apresiasi atas terlaksananya Musrenbang oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi.

“Kami atas nama lembaga DPRD Kabupaten Banyuwangi mengapresiasi pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Banyuwangi tahun 2023. Mengacu Undang-Undang No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, secara eksplisit ditegaskan bahwa unsur penyelenggara Pemerintahan Daerah adalah Pemerintah Daerah (Pemda) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Sehingga tepat sekali selalu ada sinergi antara Kepala Daerah (Bupati) dan DPRD dalam penyusunan perencanaan pembangunan. Bahkan DPRD ikut terlibat dalam Musrenbang sejak di tingkat Desa dan Kecamatan”.

Disampaikan harapan dari pelaksanaan Musrenbang mampu membuat program-program yang dibutuhkan oleh masyarakat dan sinergi yang kuat antara Pemda, Forpimda, dan seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Banyuwangi.

“Besar sekali harapan kami dari DPRD Banyuwangi, agar pelaksanaan Musrenbang 2023 kali ini mampu membuat program kegiatan yang betul-betul dibutuhkan masyarakat. Ada sinergi yang lebih kuat antara Pemda, DPRD, Forpimda dan seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Banyuwangi untuk mendukung pelaksanaan pembangunan di Banyuwangi. Dari sekian banyak program kegiatan, beberapa program yang perlu menjadi perhatian ditahun 2023, diantaranya adalah :

Berikut diurai beberapa program yang menurut DPRD Banyuwangi perlu menjadi perhatian di tahun 2023 melalui Musrenbang diantaranya adalah :

Tentang : Percepatan Pemulihan Perekonomian Daerah :Salah satu sektor yang paling terpengaruh oleh pandemi Covid-19 adalah ekonomi, maka kami berharap tahun 2023 kita memprioritaskan kegiatan yang mempercepat akselerasi perekonomian masyarakat, diantaranya program padat karya, hibah bansos, pendampingan UMKM dan sebagainya, termasuk didalamnya menstabilkan harga kebutuhan pokok, untuk menjaga daya beli masyarakat.

“Jangan sampai ada kebutuhan pokok yang mengalami kelangkaan, dan sampai sekarang ada beberapa warga yang menjerit tentang minyak goreng bu Bupati. Dan sampai sekarang masyarakat masih kesulitan memperoleh yaitu satu item minyak goreng. Saya yakin jika bu Bupati dan jajarannya untuk menyelesaikan persoalan ini tidak lama tidak ada masyarakat yang mengeluh tentang kebutuhan minyak goreng”, tambahkan Michael dalam sambutannya.

Tentang : Pembangunan Infrastruktur Jalan, Luas wilayah Kabupaten Banyuwangi yang 5.782 Km2 membutuhkan infrastruktur jalan yang tidak sedikit. Maka diharapkan pelaksanaan pekerjaan infrastruktur di tahun 2023 dapat berjalan maksimal. Kami mengapresiasi, sudah semakin sedikit jalan yang ditanami pohon pisang, jalan jadi kolam renang dan sebagainya. Ke depan kami berharap dinas terkait mampu meningkatkan kualitas proyek infrastruktur sehingga umur teknis pekerjaan sesuai dengan yang seharusnya, untuk memperlancar mobilitas dan membuka titik perekonomian baru.

Mempertegas terkait infrastruktur sedikit koreksi dengan menyampaikan bahwa DPRD gelar hearing karena ada pengaduan berkaitan dengan kerusakan infrastruktur jalan di wilayahnya.

“Kita mengapresiasi semuanya Bupati Banyuwangi yang bekerja keras sampai saat ini. Tetapi walaupun sedikit masih ada jalan yang ditanami pohon. Yang nyatanya kemarin saya memipin hearing ada masyarakat Sanggar, seluruh Kepala Desa se Sanggar dan seluruh BPD se Sanggar, masyarakat tokoh-tokoh Sanggar. Datang ke DPRD untuk mengadukan bahwa di daerah Sanggar walaupun daerah remot daerah ring satu yang di sana ada gunung emasnya masih jalan-jalan yang berlubang, masih banyak jalan-jalan yang rusak dan tergenang air bahkan ada yang ditanami pohon. Dan juga yang terpenting masih banyak rakyat di sana mengalami kekurangan dan kemiskinan. Mohon Bupati dan segenap jajarannya untuk mengingatkan kembali karena kita punya gunung emas yang begitu besar dan begitu luas tapi masih banyak masyarakat yang membutuhkan di sana”, koreksinya.

Tentang : Mempertahankan Kualitas Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi.Terima kasih kepada Eksekutif beserta jajarannya yang dalam beberapa tahun terakhir menjadikan Kabupaten Banyuwangi menjadi Kabupaten terbaik dalam pelayanan publik dan pengelolaan birokrasi. Kami berharap tidak kendor di tahun 2023, harus ada program dan inovasi-inovasi baru untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, karena sesungguhnya inti dari Pemerintahan adalah Pelayanan Publik.

“Hadirin yang saya hormati, kami optimis dengan kepiawaian Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi yang tidak henti-hentinya bekerja siang malam untuk memikirkan rakyat Banyuwangi dengan harapan akan lebih baik dari tahun ini maupun tahun yang kemarin”, supportnya dengan penuh optimis.

Berikut dipenghujung disampaikannya, bahwa melalui kegiatan Musrenbang kali ini, berharap tetap terjaga kesinambungan program kegiatan pembangunan di Kabupaten Banyuwangi. Untuk itu hasil Musrenbang ini nanti harus nyambung dengan RPJMD 2021 – 2026, dimana didalamnya ber-isi-kan tentang VISI MISI Bupati.

Tegasnya, “Kami dari DPRD Banyuwangi sangat-sangat mengapresiasi atas kinerja ibu Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi. Sinergi antara Pemerintah atau eksekutif dengan legeslatif sangat terjalin walaupun baru satu tahun kami merasakan itu bu Bupati”.

Kurang lebihnya dengan sinergi yang kuat antara Bupati, Wakil Bupati dan seluruh SKPD Banyuwangi dengan DPRD, maka yang diuntungkan bukan hanya Bupati dan jajarannya, juga bukan DPRD melainkan rakyat Banyuwangi. Harapanya semoga berbagai program yang akan dilaksanakan dapat benar- benar menjadi upaya positif dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Banyuwangi. (r35/ktb).

Pos terkait