Pelepasan Siswa SDN Patemun Kecamatan Tanah Merah Diwarnai Dengan Isak Tangis

BANGKALAN | Kabaroposisi.net – Setelah selama 6 (Enam) tahun menuntut ilmu di Sekolah Dasar (SD) Negeri Patemon, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan, kini tiba saatnya seluruh peserta didik kelas VI diserahkan kembali pada orang tuanya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Acara pelepasan siswa yang digelar digedung sekolah tersebut diwarnai dengan isak tangis. Terlihat saat para siswa melakukan sungkeman seraya minta maaf kepada semua guru dan orang tua, rabu (6/7/22).

Bacaan Lainnya

Dalam acara tersebut, dihadiri Kepala sekolah beserta dewan guru, Korwil Pendidikan Kecamatan Tanah Merah, Pengawas dan Komite Sekolah serta para orang tua siswa.

Siti Fauziyah, S.Pd, M.Pd Kepala SDN Patemon mengatakan, kegiatan pelepasan siswa ini merupakan kali pertama yang dilakukan oleh warga sekolah tersebut, sebab kata dia beberapa tahun sebelumnya perpisan siswa dikemas dengan acara rekreasi dan jalan-jalan.

“Biasanya hanya rekreasi dan jalan-jalan, ya kadang acara pelepasan ini kami menggelar istighosah bersama wali murid, karena dua tahun kemarin kita vakum karena adanya Covid-19, jadi kali ini acara pelepasannya agak berbeda dan ini adalah inisiatif guru dan siswa, kami sepakati,” ucapnya.

Selain pelepasan kepada 17 siswa juga ada pemberian reward pada siswa berprestasi yang diakumulasikan dari kelas 4 hingga kelas 6.

“Untuk rewardnya kita lihat dari proses kelas 1 sampai kelas 6, kesehariannya kita lihat dan kemudian kita akumulasikan sampai kelas 6, untuk nilainya kita akumulasikan dari kelas 4 sampai kelas 6, jadi kita mengambil 4 anak untuk diberikan reward yang tentunya nilai dan kesehariannya itu bagus,” kata Fauziyah menerangkan.

Dirinya berharap, lanjut Fiuziyah, kegiatan ini dapat menambah keimanan serta ketakwaan yang dimiliki oleh para murid didiknya yang sebentar lagi akan menginjak ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Harapan saya mengadakan kegiatan ini sedikit banyaknya ingin menanamkan dimensi beriman dan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa, khususnya akhlak kepada manusia dan orang tua jadi itu tujuan saya, karena saya sebagai kepala sekolah hanya bisa memberikan sebatas ilmu saja,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Mohammad Lutfi Korwil Kecamatan Tanah Merah mengungkapkan dirinya mendukung kegiatan tersebut sebab menurutnya kegiatan ini mengandung unsur positif.

“Menurut saya kegiatan ini merupakan kegiatan yang positif dan perlu dicontoh oleh sekolah-sekolah lainnya yang ada di kecamatan tanah merah,” ungkapnya.

Dikatakan Lutfi, bagi peserta didik yang sudah lulus di SDN Patemun ini agar tidak patah semangat dalam belajar dan dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Saya berharap kepada mereka agar tidak merasa puas atas capaian yang diraihnya meskipun sudah dinyatakan lulus, namun setidaknya bisa melanjutkan kepada pendidikan yang lebih tinggi lagi,” harapnya. (Sul)

Pos terkait