Wabup Banyuwangi Launching Kampung Cerdik ” BAHAS UANG ” Andongsari Padang

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Sebuah kehormatan Dusun Andongsari Desa Padang Kecamatan Singojuruh dikunjungi Wakil Bupati Banyuwangi H. Sugirah, S.Pd.,M.Si Sabtu 10/9/2022. Kedatangan Wakil Bupati ke Dusun Andongsari dalam rangka melaunching ” Kampung Cerdik Bahas Uang ” program inovasi Koordinator UPTD Puskesmas Singojuruh H. A. Kundori.

Hadir dan sambut Wakil Bupati Banyuwangi jajaran Forpimka Singojuruh, Kepala Desa Padang, Perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, Ketua DPD PTNI Kabupaten Banyuwangi, Ketua IBI Cabang Banyuwangi, Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat. Kedatangan Wabup Banyuwangi H. Sugirah disambut dengan tarian gandrung san sorak sorai siswa-siswi PAUD yang lucu dan menggemaskan juga ratusan masyarakat Andongsari Desa Padang.

Sedikit jadi penasaran media mendapati tulisan pada beground acara apa yang dimaksut Launching Kampung Cerdik ” BAHAS UANG ” gagasan Ko. UPTD Puskesmas Singojuruh H. Ahmad Kundori tersebut…? Ternyata tulisan kalimat “BAHAS UANG ” kependekan dari kalimat ” Badan Sehat, Hati Senang, dan Umur Panjang “.

Ko. UPTD Puskesmas Singojuruh H. Ahmad Kundori dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan siang itu adalah kegiatan Posbindu PTM. Dilaporkan juga soal penanganan pandemi Covid 19 bisa terlaksana dengan baik, baik testing tracing, maupun treatmen. Dan sekaligus pelaksanaan vaksinasi baik itu dosis 1 yang capai 94 %, dosis 2 capai 81 %, dan dosis Booster capai 32 %. Diakui bahwa pencapaian-pencapaian adalah berkat sinergi yang kuat antara Tim Nakes Puskesmas dengan semua pihak baik Forpimka, Pemerintah Desa berikut perangkatnya, Kader, dan Tokoh Masyarakat se Kecamatan Singojuruh.

Berikut Ahmad Kundori paparkan bahwa selama pandemi Covid 19 kegiatan Posyandu terhenti, oleh karena itu dalam beberapa bulan terakhir dirinya yang akunya hanya selaku Koordinator Puskesmas bukan Kepala Puskesmas. Memulai kegiatan Posyandu mulai dari Posyandu Balita, Lansia, maupun Posbindu PTM. Lanjut Ahmad Kundori tanpa canggung-canggung curhat kepada Wakil Bupati bahwa Puskesmas Singojuruh adalah satu-satunya di Kecamatan Singojuruh yang juga melayani rawat inap tetapi hanya disediakan 1 orang Dokter. Sementara Puskesmas Singojuruh pasien tiap harinya bisa sampai 100 orang, kalau hanya 1 orang Dokter pasti kualahan. Dampak dari hanya tersedianya 1 orang Dokter untuk kapitasi BPJS tiap bulan harus kehilangan 16 juta sehinga rencana-rencana yang dianggarankan tahun sebelumnya tidak bisa terlaksana.

Dalam laporannya, ada ungkapan H. Ahmad Kundori yang bisa dibilang terlalu jujur dan mengherankan, ternyata H. Ahmad Kundori yang begitu gigihnya melaksanakan tugas berikut capai-capainnya di Puskesmas Singojuruh bukan pada posisi sebagai Kepala Puskesmas, melainkan hanya ditunjuk sebagai Koordinator Puskesmas. Pengamatan media, apa yang disampaikan H. Ahmad Kundori sempat membuat hadirin saling pandang seolah tidak percaya, dan seperti akan mengatakan “mestinya H. Ahhmad Kundori dengan prestasi yang bagus pantasnya adalah Kepala Puskesmas”.

Sementara Wakil Bupati Banyuwangi H. Sugirah, S.Pd.,M.Si merespon laporan Ko. UPTD Puskesmas Singojuruh pertama mengapresiasi sekali inovasi kegiatan, dan kinerja PKM Singojuruh yang maksimal baik dalam penangann pandemi Covid 19 maupun capaian target vaksinasi. Berikut angin segarnya curhatan Koordinator UPTD Puskesmas Singojuruh H. Ahmad Kundori terkait kebutuhan tambahan Dokter, Wakil Bupati H. Sugirah langsung menjawab dengan meminta pada ajudannya untuk mencatatnya dan janji akan diupayakan kepada Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi. Terlebih dalam hal PKM Singojuruh sudah melakukan upaya preventif atau pencegahan penyakit dengan melakukan pengecekan secara dini kepada masyarakat, Wabup mengaku salut dan sangat berterima kasih.

Wabup H. Sugirah sampaikam bahwa setelah masa pandemi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi canangkan program Banyuwangi Reebound yang fokusnya pada soal Tangguh Pandemi, Pemulihan Ekonomi, dan Merajuk Harmonisasi. Lagi-lagi dalam hal ini Wabup puji PKM Singojuruh disebutnya telah menjalankan apa yang menjadi fokus perhatian program Banyuwangi Reebound. Diujung sambutannya Wabup H. Sugirah menyampaikan pesan kepada masyarakat yang hadir untuk senantiasa jaga kesehatan dan patuhi petunjuk serta arahan dari tenaga kesehatan setempat.

Dan akhirnya atas nama Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Wakil Bupati H. Sugirah, S.Pd.,M.Si launching “Kampung Cerdik Bahas Uang” Dusun Andongsari Desa Padang Kecamatan Singojuruh ditandai dengan pelepasan balon warna merah putih ke udara dan horeeeeeeeeeeeee… (r35).

Pos terkait