Peduli Lingkungan, AQUA Banyuwangi Kerja Bhakti Bersama Warga Kumpulkan Sampah Plastik

Kabaroposisi.net | BANYUWANGI – Puluhan pegawai PT Tirta Investama – AQUA Banyuwangi melakukan kerja bakti membersihkan sampah plastik bersama masyarakat Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

Jajaran pegawai yang hadir mulai dari Kepala Pabrik, Manager, dan Supervisor total sekira 30 pegawai AQUA terlibat dalam kerja bhakti bersama masyarakat Desa Sumberarum kompak membersihkan sampah. Sambil menenteng kantong sampah, mereka dengan lugas mengambili sampah-sampah yang ada di parit-parit sawah, gang – gang kecil rumah, dan di selokan yang sudah mulai tertimbun tanah.

Bacaan Lainnya

Kepala pabrik AQUA Banyuwangi, Achmad Afandi menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari penerapan nilai “One Planet One Health” yang telah menjadi tagline AQUA serta upaya menjaga hubungan baik dengan masyarakat sekaligus berkunjung ke Taman Keanekaragaman Hayati yang masih dalam proses pembangunan.

“Membersihkan sampah plastik bersama masyarakat ini agar kita semua ingat akan pentingnya menjaga lingkungan. Kami sebagai pabrik yang peduli terhadap lingkungan, akan melaksanakan kegiatan semacam ini secara rutin”, sambung Achmad Afandi.

Sekira kurang lebih 100 kg sampah plastik terkumpul dari kerja bakti antara pegawai AQUA dan masyarakat ini. Sampah yang terkumpul akan dikelola maupun dihanguskan jika tidak memiliki nilai ekonomi.

Tak hanya membersihkan sampah plastik, AQUA Banyuwangi juga melakukan diskusi dan penanaman pohon yang terdiri dari pohon durian, alpukat, dan manggis. 1000 bibit pohon disiapkan untuk ditanam di area Taman Keanekaragaman Hayati dan dibagikan untuk ditanam di sekitar rumah warga Desa Sumberarum.

SR CSR AQUA Banyuwangi, Khoirul Hamdani menambahkan, kegiatan pembersihan sampah plastik dan tanam pohon adalah hasil dari kerjasama antara mitra, Pemerintah Desa, dan masyarakat.

“Jika lingkungan sehat, maka manusianya juga sehat. Sehingga agenda di luar pabrik ini, kami selalu mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan sebagai kebutuhan bersama”. sambung Khoirul Hamdani yang juga merupakan jurnalis senior di Banyuwangi.

Masyarakat Desa Sumberarum terlihat sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan kerja bakti dan diskusi, sampai tanam pohon. Mereka beralasan masyarakat yang dilibatkan untuk kegiatan positif merasa diperhatikan dan mendapat wawasan baru.

Turut hadir pula Kepala Desa Sumberarum, Ali Nurfatoni yang menyertai masyarakatnya dalam kegiatan bhakti lingkungan tersebut. Kades Tony menyampaikan, kegiatan AQUA Banyuwangi ini sangat positif dan membantu agar masyarakat peduli terhadap lingkungan.

“Kami sangat berterima kasih kepada AQUA yang konsisten memberi manfaat kepada masyarakat maupun lingkungan Desa Sumberarum. Semoga keinginan dan usaha bersama ini membuahkan hasil yang baik. Melalui diskusi tadi pula, sangat menggambarkan bagaimana keterlibatan masyarakat adalah penting untuk suatu tujuan yang baik”, pungkas Kepala Desa muda ini.

Kegiatan ini ditutup dengan pembagian bibit pohon durian, manggis, dan alpukat kepada masyarakat agar ditanam di sekitar rumah dan sebagai apresiasi untuk terus ingat peduli kepada lingkungan. (*/r35).

Pos terkait