Terapkan Kurikulum Merdeka, UPTD SDN Tanjung Jati 2 Kamal Gelar Kegiatan Karya Hasil Kreativitas Siswa

BANGKALAN | Kabaroposisi.net – Dengan mengusung tema “Gaya Hidup Berkelanjutan”, SDN Tanjung Jati 2, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, melakukan kegiatan Gelar Karya hasil kreativitas murid-murid disekolahnya,

Kegiatan yang dilaksanakan dihalaman sekolah itu dihadiri oleh para Dewan Guru, Wali Murid, Komite sekolah, Gugus Sekolah (Guslah) satu kecamatan kamal, dan Koordinator Wilayah (Korwil) setempat.

Kepala Sekolah (Kepsek) SDN Tanjung Jati 2, Mariatul Kutsiyah mengatakan gelar karya tersebut merupakan bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang telah dilaksanakan selama satu semester lamanya.

“Untuk gelar selebrasinya dari projek P5 yang sudah biasa kami lakukan selama satu semester, jadi untuk kelas satu unjuk gelarnya sekarang berupa pamflet dan poster supaya anak-anak itu tertanam gaya hidup berkelanjutan nya itu seperti apa jadi bukan cuma sekedar selebrasi,” Ucap Kepsek SDN Tanjung Jati 2 saat ditemui di ruang kerjanya, sabtu (10/12/2022).

Dalam kurikulum yang baru ini, Maria sapaan akrabnya membiasakan para warga sekolahnya untuk tertib membuang sampah pada tempatnya.

“Untuk kurikulum merdeka, jadi kelas satu itu kami bagaimana berperilaku terhadap sampah supaya dunia ini menjadi lestari, kemudian yang kelas empat itu mengurangi sampah plastik agar dunia jadi asik, jadi perilaku itu yang kami tanamkan,” Kata Maria

Lanjut Maria dirinya berharap kepada siswanya agar dapat membawa kebiasaan baik yang telah dipelajari disekolahnya untuk bisa dipraktekkan di luar lingkungan sekolah dan hal itu dapat menjadi kebiasaan sehari-hari bagi murid-murid disekolahnya.

“Anak-anak kami tidak hanya tau tentang apa yang dipelajari disekolah tetapi membudayakan dalam kehidupan sehari-hari, makanya kami mengambil tema gaya hidup berkelanjutan, agar seumur hidup mereka itu tau betul-betul paham apa yang mereka pelajari disekolah itu yang kami inginkan,” Ungkapannya

Ditempat yang sama, H. Saleh Siswandi Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Kamal mengatakan kegiatan Gelar Karya P5 ini merupakan pertama kali diselenggarakan di wilayahnya

“Kegiatan gelar karya ini baru yang pertama diselenggarakan dikamal mungkin nanti yang lain mengikuti,” Kata Saleh Siswasdi.

Dengan adanya kegiatan P5 ini, Didik sapaan akrabnya, berharap agar hal ini dapat mendorong semangat para murid untuk menjadi semakin kreatif dan membangunkan semangat belajar bagi siswa-siswi yang berada diwilayah kerjanya tersebut.

“Saya berharap dengan kegiatan P5 ini yang menggelar hasil karya anak ini, anak-anak betul-betul mempunyai karakter Pancasila, mandiri, kreatif,” Harapnya. (Sul/Fin)

Pos terkait