WK. Komisi 1 DPRD Banyuwangi Hadiri Penyerahan Sertifikat PTSL Desa Singolatren

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Program Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL) di Desa Singolatren Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi sukses dilaksanakan. Sebanyak 1380 lembar Sertifikat sudah terealisasi 100 % dan terbagi dalam dua tahap penyerahannya. Penyerahan tahap pertama sebanyak 700 lembar Sertifikat pada Rabu 4/1/2023, dan hari ini Rabu 11/1/2023 penyerahan tahap dua sebanyak 680 lembar.

Hadir dalam penyerahan Sertifikat di Balai Desa Singolatren, dari BPN Banyuwangi Herman Prasetyo Ketua Tim IV beserta tim, Camat Singojuruh Drs. Bambang Santosa, MAP, Bripda Puguh Prayogo (BBKTM Desa Singolatren), Sertu Ahmad Nizar (Babinsa Singolatren). Jadi istimewa acara penyerahan Sertifikat PTSL dengan kehadiran Anggota DPRD Banyuwangi Wakil Ketua Komisi 1 Marifatul Kamila.

Apandi selaku Kepala Desa Singolatren mengucap syukur atas terealisasinya Sertifikat PTSL untuk masyarakatnya. Disampaikan terima kasih kepada para pihak yang telah mendukung dan kerja keras mensukseskan proses sertifikasi, mulai dari pendaftaran, pemberkasan, pengukuran sampai jadi Sertifikat. Apandi berpesan, bila ada yang karena kebutuhan pinjam uang ke Bank pakai jaminan Sertifikat, dihimbau untuk tidak melebihi batas kemampuan agar tidak ada masalah di kemudian hari. Disarankan juga oleh Kades Apandi, kalau pinjam uang pakai jaminan Sertifikat hendaknya pada Bank-Bank yang resmi.

Marifatul Kamila Komisi selaku Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Banyuwangi pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Singolatren juga BPB Banyuwangi. Yang telah menjalankan program sertifikasi kepemilikan hak melalui program Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL) dengan baik. Diakuinya bahwa program Pemerintah PTSL sangat membantu dan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kepada masyarakat penerima Sertifikat PTSL Marifatul Kamila berpesan, hendaknya memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Sementara dari pihak BPN dalam hal ini Herman Prasetyo selaku Ketua Tim IV, mengatakan bahwa sukses proses sertifikasi bisa berjalan lancar berkat sinergi dan kerjasama yang baik Tim dari BPN dengan Tim Panitia di Desa. Kepada masyarakat penerima Sertifikat diminta untuk cek kembali Sertifikat yang diterimanya, barangkali ada kesalahan dalam penulisan nama, tanggal lahir, dan letak peta bidang. Kalau ditemukan ada kesalahan dihimbau untuk segera lapor ke Panitia Desa agar segera diajukan perbaikan.

Selanjutnya secara simbolis penyerahan Sertifikat kepada masyarakat dilakukan oleh Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Banyuwangi Marifatul Kamila, Camat Singojuruh Drs. Bambang Santosa, MAP, Herman Prasetyo Ketua Tim IV PTSL BPN Banyuwangi, Sertu Ahmad Nizar Babinsa, dan Bripda Puguh Prayogo Bhabinkamtibmas. Penyerahan selanjutnya dilakukan oleh Tim dari BPN dibantu Tim Desa dalam pengendalian alur penerimaan Sertifikat. (r35).

Pos terkait