Mojongapit Salah Satu Penerima Lencana Dan Piagam Desa Mandiri 

Kabaroposisi.net | Jombang – Kabupaten Jombang jumlah desa mandiri terus mengalami peningkatan dari tahun 2020 sampai tahun 2022. Pada tahun 2020 ada 14 desa mandiri, sedangkan tahun 2021 ada 23 desa dan tahun 2022 meningkat 100% menjadi 47 desa. Menindak lanjuti hal tersebut Desa Mojongapit merupakan salah satu desa Mandiri yang menerima lencana dan Piagam Penghargaan Bupati pada tanggal 24 Pebruari 2023 . Senin (27/02/2023).

Kepala desa Mojongapit M. Iskandar Arif ketika dikonfirmasi di ruangannya menyampaikan bahwa terpilihnya desa Mojongapit adalah berkat kerjasama yang baik antara masyarakat dan pihak pemerintah Desa.

“Alhamdulillah dengan adanya kerjasama yang baik antara masyarakat dan pihak pemerintah desa kita bisa mendapatkan status desa Mandiri. Dimana desa Mandiri adalah desa yang mempunyai ketersediaan dan akses terhadap pelayanan dasar yang mencukupi, infrastruktur yang memadai, aksesibilitas / transportasi yang tidak sulit, pelayanan umum yang bagus, serta penyelenggaraan pemerintahan yang sangat baik, ” ujar Iskandar. 

Lanjutnya, untuk menjadi desa Mandiri diperlukan proses yang cukup panjang dan tidak mudah.

” Proses sudah kita mulai pada tahun 2021. Sedangkan syarat untuk menjadi desa Mandiri diantaranya adalah adanya partisipasi aktif masyarakat desa dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya desa, ” terangnya.

Juga terdapatnya sumber daya alam, sumber daya manusia, dan potensi ekonomi yang dapat dikembangkan di desa Mojongapit.

“Tersedianya akses masyarakat desa terhadap pelayanan- pelayanan dasar seperti kesehatan, pendidikan, dan perumahan dan Terdapatnya kerjasama yang efektif antara pemerintah, lembaga-lembaga swadaya dan masyarakat, dan masyarakat desa dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan- kegiatan desa, serta Terdapatnya kemampuan masyarakat desa untuk mengelola sumber daya yang ada dengan sebaik-baiknya, ” paparnya.

Menurut Iskandar pelayanan kepada masyarakat adalah yang terpenting demi tercapainya kemajuan desa Mojongapit.

” Saya tidak akan bisa berdiri sendiri untuk memajukan kemajuan desa ini tanpa campur tangan dan sinergitas dari semua pihak dan masyarakat desa Mojongapit khususnya. Dan harapan saya ke depan akan harus lebih baik lagi, ” pungkas Kepala Desa Iskandar Arif menutup pembicaraannya.(sap)

Pos terkait