Tanggul Sungai Konto Kediri Jebol, Fraksi Gerindra Langsung Ke Lokasi

KABAROPOSISI.NET|Kediri, – Anggota DPRD kabupaten Kediri dari Fraksi Gerindra Ketut Gutomo S.H, gerak cepat meninjau lokasi terjadinya banjir di Desa Sumberjo Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri, Rabu .01/03/2023

Aksi gerak cepat tanggap darurat yang dilakukan Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Kediri ini dalam rangka merespon besarnya debit air di lokasi banjir.

Bacaan Lainnya

“Saya mendapat kabar ada banjir langsung datang ke lokasi untuk mengetahui kondisi dampaknya ke masyarakat,”ungkap Ketut. 

Banjir di Desa Sumberjo itu disebabkan tanggul sungai Konto jebol. Penyebab tanggul jebol tidak kuat menampung debet air yang terlalu tinggi karena hujan.

Ketut menyampaikan, kedatangannya di lokasi banjir kawasan sekaligus melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Sehingga tanggul yang jebol di sungai Konto itu segara dilakukan perbaikan.

Ketut Gutomo ( baju putih ) dan para petugas

“Kami mengimbau kepada pihak terkait segara mengatasi tanggul jebol tersebut agar tidak berdampak ke rumah dan pertanian warga,”ucap Ketut, anggota DPRD Kabupaten Kediri dari Komisi I.

Sementara, hujan deras pada Selasa sore (28/2/2023) di wilayah Sumberjo dan sekitarnya hingga pada malam hari mengakibatkan tanggul sungai Konto jebol.

Sungai Konto tidak dapat menampung debet air hujan sehingga jebol kurang lebih panjang 20 meter.

Luapan air sungai Konto dari tanggul jebol meluap ke area persawahan warga di dua Desa. Desa Sumberjo dan Kempleng. Akibatnya kurang lebih 400 hektar lahan persawahan terendam banjir.

Selain itu, air juga menggenangi di jalur alternatif jurusan Kediri – Jombang hampir 200 meter dengan ketinggian hampir 50 centimeter. Luapan air juga menggenangi ruko dan gudang dekat jalan raya yang tergenang.

Sementara, petugas BPBD, BBWS, Dinas Pengairan, PT Jasa Tirta 1 Kediri dan Muspika Kecamatan Purwoasri serta Pemerintah Desa setempat di lokasi area banjir. (uli)

Pos terkait