Lomba Olimpiade MIPA dan Kreativitas Tingkat Kecamatan Modung Jaring Siswa Berprestasi

BANGKALAN | Kabaroposisi.net – Sekolah sebagai institusi formal telah menjalankan fungsi akademis dan non akademis, dengan mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor secara seimbang.

Aspek lain yang juga harus seimbang adalah aspek sosial dan emosional. Keseimbangan tersebut merupakan hak anak sebagai peserta didik yang memiliki beragam kecerdasan, minat, bakat, sehingga mampu mengembangkan hal tersebut secara komprehensif.

Lomba ataupun kompetisi di bidang akademik dan non akademik diharapkan mampu menginspirasi, memenuhi pendidikan anak sepenuhnya.

Hal itu yang saat ini tengah didorong oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Modung dengan cara Menggelar Lomba Mata Pelajaran (Mapel), kreativitas siswa dan siswa berprestasi, yang di ikuti oleh seluruh lembaga SD se-Kecamatan Modung dengan jumlah peserta sebanyak 225 siswa.

Dikatakan Miskawi, S.Pd, M.Si Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan Kecamatan Modung, kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan budaya belajar, kreativitas dan prestasi sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadian, spiritual, emosional dan intelektual.

“Melalui lomba MIPA ini saya harap para siswa generasi penerus bangsa dapat mengembangkan daya nalar, kreativitas dan kemampuan berpikir kritis, sehingga pada saatnya nanti mereka akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif dan mandiri.

“Dengan ajang lomba MIPA dan kreativitas siswa nantinya dapat muncul bibit-bibit unggul yang akan mewakili Kecamatan Modung di ajang lomba MIPA dan Kreativitas tingkat Kabupaten Bangkalan, serta dapat bersaing dengan kecamatan-kecamatan yang lain.

Sementara itu, Ketua panitia lomba sekaligus Ketua K3S Kecamatan Modung Muhammad Asik mengatakan lomba digelar selama dua hari lamanya terhitung dari tanggal 15 – 16 Maret 2023.

“Kegiatan hari ini tanggal 15 lomba Matematika, IPA, dan lomba kreativitas siswa yang meliputi lomba menyanyi tunggal, puisi, pidato dan gambar bercerita. Untuk besok lomba siswa berprestasi,” Ucapnya menjelaskan susunan lomba yang berlokasi di UPTD SDN Patereman 1 Kecamatan Modung. Rabu (15/03/2023).

Muhammad Asik memaparkan dalam satu kategori yang dilombakan nantinya akan ada enam juara, yakni juara 1, 2 dan 3 serta juara harapan 1, 2 dan 3.

“Silahkan berlomba secara sportif, jangan mencurangi pada saat mengerjakan tugas dan sanggup menerima konsekuensi menang atau kalah,” katanya sembari menghibau para peserta lomba

Dengan digelarnya lomba ini Muhammad Asik berharap siswa berprestasi yang tersebar di wilayah kerjanya tersebut dapat tersaring yang kemudian akan diikutsertakan pada lomba tingkat kabupaten.

“Mudah-mudahan lomba ini berjalan dengan lancar dan sukses sehingga bisa meningkatkan kompetensi pendidikan khususnya di Kecamatan Modung,” Tandasnya. (Fin)

Pos terkait