UPTD SMPN 5 Bangkalan Bentuk Siswa Yang Bertaqwa Melalui Kegiatan Pondok Ramadhan

BANGKALAN | Kabaroposisi.net – Pondok Ramadhan adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan di sekolah saat bulan Ramadhan tiba.

Pondok Ramadhan atau dikenal dengan pesantren Kilat adalah salah satu kegiatan yang biasa dilakukan di lingkungan pendidikan. Biasanya Pondok Ramadhan diisi dengan kegiatan keagamaan yang positif seperti tadarusan, kultum, Shalat Dhuha berjamaah, salat Dhuhur berjamaah dan masih banyak lagi.

Repelita Ayu Winarni, M.Pd, Kepala UPTD SMP Negeri 5 Bangkalan menuturkan, Pondok Ramadhan diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan ibadah serta keimanan kita kepada Allah SWT. Oleh karena itu, saat Pondok Ramadhan biasanya mengangkat berbagai konsep dan tema yang menarik dan inspiratif untuk menyambut Ramadhan yang penuh berkah.

Ia mengatakan bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh hikmah dan penuh pengampunan. Karenanya, momentum itu harus bentul-betul dimanfaatkan guna peningkatan iman dan taqwa (imtaq) kepada Allah SWT melalui kegiatan Pondok Ramadhan di sekolah.

Diketahui SMPN 5 Bangkalan menggelar Pondok Ramadhan selama tiga hari lamanya yang dimulai pada hari Senin 10 April sampai 12 April 2023. Ia berharap bulan suci Ramadhan ini dapat dijadikan sebagai pendorong dalam meningkatkan kadar keimanan dan ketaqwaan serta pemahaman lebih mendalam tentang agama bagi siswa-siswinya.

“Selama tiga hari kita melaksanakan Pondok Ramadhan yang kita isi dengan berbagai kegiatan seperti, Shalat Dhuha, Kajian Alqur’an, Zakat, Tadarus, Shalat dhuhur,” Ucapnya.

Selain itu, Pondok Ramadhan ini merupakan salah satu bentuk untuk memantapkan pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT. Khususnya bagi siswa-siswi SMPN 5 Bangkalan agar benar-benar menjadi muslim yang berakhlak mulia.

“Dalam Pondok Ramadhan para siswa dapat menerapkan dan mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan itu membentuk mental spiritual yang tangguh,” Ungkapnya. (Fin)

Pos terkait