Pemuda Gombol Akhiri Perayaan Idul Fitri Gelar Anniversary dan Menyantuni Anak Yatim

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Hari Raya Idul Fitri 1444 H sudah berakhir pada hari Jumat 28 April 2023 kemarin. Dibeberapa wilayah di Banyuwangi ada yang merayakan puncak Hari Raya Idul Fitri dengan beragam kegiatan. Salah satunya di Dusun Gombol Desa Benelan kidul Kecamatan Singojuruh. Hari ini Minggu 30 April 2023, rayakan puncak Idul Fitri dengan menggelar Anniversary dan menyantuni Anak Yatim.

Pemuda yang selanjutnya menyebutkan sebagai Aliansi Pemuda Gombol itu, secara swadaya sengaja gelar acara yang spektakuler. Selain menyantuni Anak Yatim, Pemuda Gombol sengaja suguhkan hiburan live musik (Golden Musik) untuk masyarakat khususnya Dusun Gombol dan Desa Benelan kidul umumnya. Pantauan awak media khususnya Pemuda terlihat antusias dan kompak dalam menyelenggarakan kegiatan yang bisa dibilang tidak sedikit biayanya.

Kepala Desa Benelan kidul Habib Ali Mustofa sebelum menyerahkan santunan kepada Anak Yatim menyampaikan. Atas nama Pemerintah Desa sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Anniversary dan menyantuni Anak Yatim oleh Pemuda Dusun Gombol. Hanya karena ada suguhan Live Musik, maka Kades Habib Ali Mustofa berpesan,

” Saya minta kepada Pemuda Gombol bisa menjaga dirinya sendiri dulu. Karena kericuhan dalam sebuah even hiburan kerap terjadi karena tuan rumahnya tidak bisa menjaga diri terpancing oleh orang luar. Saya berharap acara hari ini bisa berjalan lancar, sukses, dan aman sesuai kesepakatan atau pernyataan yang dibuat saat mengajukan ijin ke kepolisian. Dan acara hari ini adalah sebagai uji coba, kalau hari ini sukses maka tahun depan insyaallah bisa kita gelar lagi. Tapi kalau tidak sukses dan menimbulkan masalah, maka tidak hanya di Dusun Gombol saja, melainkan se Desa Benelan kidul tidak boleh adakan kegiatan-kegiatan seperti ini”, pesan dan tandas Kades Habib Ali Mustofa.

Berikut hal senada disampaikan oleh Kapolsek Singojuruh melalui Kanit Binmas Aiptu Didik Sudarmanto, SH. Dijelaskan bahwa untuk bisa menggelar kegiatan besar menghadirkan kerumunan masa tidak mudah dan biayanya besar. Oleh karena itu jangan sampai sia-sia kerja keras dan biaya yang sudah dikeluarkan hanya karena hal-hal yang sepele. Dan ditegaskan oleh Kanit Binmas, bahwa sesuai kesepakatan bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan alias tawuran, maka Live Musik akan dibubarkan.

Kepal Dusun Gombol Supyan dalam konfirmasinya sangat bersyukur dan mendukung apa yang dilakukan oleh anak-anak muda di dusunnya. Selama komunikasi dan koordinasi berjalan baik, maka setiap kegiatan dirinya mengatakan siap mendukung dan membantu. Sementara salah satu tokoh masyarakat bernama Imam kepada awak media mengatakan. Bahwa dirinya dan tokoh-tokoh yang lain mensupport sekali apa yang jadi gagasan Pemuda Gombol selama itu positif. Imam juga mengaku sangat terharu namun bangga pada anak-anak muda Gombol yang kompak dan peduli nasib Anak Yatim.

Sementara untuk memastikan kegiatan bisa berjalan lancar dan aman, pengamanan gabungan dikondisikan dari Polsek Singojuru juga Koramil 0825/13 Singojuruh dibantu Linmas setempat. Yang mana sebelum acara dimulai, Kapolsek Singojuruh AKP Abdullah Syajad, SH memimpin apel gabungan. Kapolsek dalam apel gabungan menegaskan, agar semua pihak memastikan tidak ada persoalan sekecil apapun yang bisa meresahkan masyarakat. Bila ada tanda-tanda akan terjadi persoalan, semua yang terlibat diminta untuk segera tangani dengan cara humanis. (r35).

Pos terkait