Pemdes Sragi Gelar Kirab Santri Tandai Akan Diperingatinya HARJASA Ke – 120

Kabaroposisi.net | BANYUWANGI – Tak terasa Desa Sragi Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi, tanggal 27 Juli 2023 akan datang memasuki usianya yang Ke – 120 Tahun. Sepengetahuan awak media, biasanya Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Sragi dalam memperingati hari jadi Desanya ditandai dengan ragam kegiatan.

Seperti yang terpantau hari ini Rabu 19/7/2023, Pemerintah Desa Sragi dalam kegiatan Kirab Santri libatkan BPD, Fatayat, Mislimat, Ansor, Banom NU, LINMAS, Pagar Nusa, dan Banser. Hadir dalam kegiatan Kirab Santri Desa Sragi Camat Songgon diwakili kehadirannya oleh Lima (Kasiepem Kecamatan Songgon), Polsek Singojuruh diwakili oleh Aipda Anton Sugiyanto, SH., MH(Kanit Binmas Polsek Songgon).

Sebagaimana disampaikan oleh pemandu kegiatan Kirab, bahwa Kirab Santri adalah awal dari akan digelarnya acara memperingati Hari Jadi Sragi (HARJASA) yang Ke – 120. Karenya tak heran bila jalan poros Desa Sragi harus dilakukan rekayasa dan pengedalian pengguna jalan oleh petugas sementara waktu. Kirab Santri kali ini ambil Star di Dusun Sragi Tengah dan Finish di sekitar area perkemahan Ciung Wara.

Sebelum Kirab diberangkatkan, Hartono Kepala Desa Sragi menyampaikan sekapur sirih kepada masyarakatnya. Kades Hartono menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas antusias masyarakatnya mengikuti kegiatan Kirab Santri. Dijelaskan bahwa kegiatan Kirab Santri digelar dalam rangka pergantian Tahun Baru Islam 1445 H dan juga penanda akan digelarnya peringatan Hari Jadi Sragi (HARJASA) Ke – 120.

Pemberangkatan Kirab Santri dilakukan oleh Forpimka Songgon diwakili oleh Aipda Anton Sugiyanto, SH., MH (Kanit Binmas Polsek Songgon). Sekira 1200 Santri dari sebanyak 16 TPQ yang ada di Desa Sragi dan sekira ratusan orang dewasa tumpleg turut mendukung sukses kegiatan tersebut. Di sepanjang rute Kirab sejauh kurang lebih 2 Km itu terlihat di kanan kiri bibir jalan, masyarakat secara suka rela sediakan takjil jajanan dan minuman untuk dinikmati oleh peserta Kirab secara gratis.

Secara terpisah Kades Hartono dalam konfirmasinya menyampaikan, “Kirab Santri ini adalah awal atau penanda dari akan diselenggarakannya peringatan Hari Jadi Sragi (HARJASA). Dalam rangka itu maka kegiatan yang akan dilaksanakan di Desa Sragi antara lain Hotmil Qur’an, Ritul Ruwatan, selamatan Tasyakuran tepatnya akan kami laksanakan pada tanggal 10 Muharam atau tanggal 27 Juli akan datang”, ujarnya di sela perjalanan mengikuti Kirab bersama semua unsur Pemerintahan Desanya.

Kirab Santri kali ini berlangsung meriah, instrumen seni Hadrah Kuntulan dan lantuman sholawat melalui Audio Sound System bumbuhi kemeriahannya. (r35).

Pos terkait