Kirab Api Porprov VIII 2023 di Terima Agus Purnomo Sekdakab Jombang 

Kabaroposisi.net | Jombang – Perjalanan Kirab Api Porprov VIII hari pertama Tanggal 5 September 2023 di Kabupaten Jombang. Kirab Api Porprov VIII dari Mojokerto tiba di Kabupaten Jombang berawal dari Kecamatan Mojoagung menuju di Kecamatan Sumobito. Tepatnya, di RTH Mojoagung kemudian lokasi penyambutan di Kantor Kecamatan Sumobito.

Direncanakan Kegiatan Prosesi Serah Terima di RTH Mojoagung dimulai pukul 08.00 WIB dengan estimasi waktu prosesi selama 15 menit. Waktu tempuh dengan kecepatan kendaraan rata-rata 30 km/jam. Sementara, Rombongan Kirab Api Porprov memperlambat kecepatan di 100 meter sebelum dan sesudah lokasi penyambutan di masing-masing kecamatan tanpa berhenti. Selasa (5/9/2023)

Kirab api obor Porprov Jatim ke-VIII (8) ini, untuk menggambarkan semangat olahraga melalui ikatan yang dibalut dengan sportivitas, sekaligus untuk menjadi alat komunikasi ke masyarakat bahwa kabupaten jombang siap mendukung pelaksanaan ajang Porprov jawa timur ke-VIII (8) tahun 2023.

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab ketika sambutan menyampaikan, ” terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan panitia pelaksana serta pembawa obor, sehingga pelaksanaan kirab obor, untuk memperingati pekan olahragA provinsi dan pemilihan umum tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar.

“Kirab yang kita saksikan hari ini adalah penerimaan kirab obor Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) dan kirab pemilihan umum (pemilu). Kedua acara ini memiliki makna yang mendalam bagi masyarakat mencerminkan semangat persatuan,” tutur Bupati.

Lanjutnya, melalui kirab api obor juga menjadi media untuk menginformasikan dan menyampaikan perlu adanya dukungan dari seluruh masyarakat kabupaten jombang untuk menyukseskannya, sehingga diharapkan masyarakat juga bisa berpartisipasi dalam meramaikan menggiatkan pekan olahraga ini. 

“Selain itu hari ini juga ada kirab Pemilu, yang merupakan salah satu pilar dasar demokrasi. Pemilu adalah kesempatan masyarakat untuk memilih pemimpin, dan menjadi penentu masa depan politik Indonesia,” ujarnya.

Masih menurut Bupati Mundjidah,ia mengimbau agar masyarakat dapat menyambut pemilu tahun 2024 dengan gembira dan berharap kepada semua pihak dapat mengawal pesta demokrasi ini dengan melibatkan diri untuk menjaga kabupaten Jombang ombang dalam suasana yang kondusif.

“Politik semata, tetapi juga merupakan sarana integrasi bangsa. melalui kirab pemilu 2024 ini, kita bersama-sama mengambil momentum untuk mengawal pelaksanaan pemilu yang bermartabat, sesuai wujud kedaulatan rakyat, integrasi bangsa, dan upaya mensejahterakan masyarakat,” tandasnya.

Bupati juga menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah, penyelenggara pemilu, aparat keamanan, partai politik peserta Pemilu dan elemen masyarakat dalam menjaga stabilitas politik serta menciptakan suasana kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu.

Sementara, penerimaan kirab Pemilu merupakan perjalanan dalam rangka membangun komitmen bersama dalam mewujudkan pemilu sebagai sarana integrasi bangsa, pemilu yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil serta membangun peta jalan mewujudukan kesejahteraan bersama sebagai sebuah bangsa

“Meski kita berbeda tetapi NKRI itu harga mati, partai boleh berbeda tetapi semangat juang kita sama untuk mengantarkan rakyat menuju kesejahteraan kita bertanding hanya sesaat tetapi persaudaraan dan kekeluargaan mari kita jaga karena kita bersaudara. Mari bersama saling bahu membahu mensukseskan porprov dan pemilu, mudah-mudahan kegiatan ini menjadi sarana untuk mencapai kemajuan dan kemakmuran masyarakat kabupaten Jombang,” pungkas Bupati Mundjidah Wahab.

Perlu diketahui Setelah dari Kantor Kecamatan Sumobito, Kirab Api Porprov menuju Kecamatan Kesamben dengan lokasi penyambutan di Mapolsek Kesamben. Kirab Api Porprov VIII dari Kesamben menuju Kecamatan Peterongan menuju Kecamatan Jogoroto. Dari Kecamatan Jogoroto, Kirap Api Porprov VIII menuju Kecamatan Mojowano menuju Kecamatan Wonosalam. Setelah Isoma di Wonosalam, Kirap Api Porprov VIII menuju ke Kecamatan Bareng dengan lokasi Penyambutan di Pasar Bareng. Seusai dari Bareng, Kirap Api Porprov VIII menuju Kecamatan Ngoro. Setelah dari Kecamatan Ngoro, Kirap Api Porprov VIII menuju ke Kecamatan Gudo Kirab Api Porprov VIII setelah dari Diwek menuju ke Kantor Pemkab Jombang ke alun-alun Jombang.(sap)

Pos terkait