Masyarakat Desa Sragi Ukir Sejarah Pertama Kali Ada Kepala Desa Akan Jabat 2 Kali

Kabaroposisi.net |BANYUWANGI – Pada Pemilihan Kepala Desa serentak 51 Desa di Kabupaten Banyuwangi Rabu 25 Oktober 2023. Salah satunya adalah Desa Sragi Kecamatan Songgon yang gelar hajatan demokrasi Pilkades itu.

Diketahui Calon Kepala Desa yang berkompetisi untuk bisa meraih kepercayaan dari masyarakat Desa Sragi 2 orang Calon yakni atas nama M. RIZAL AZIZI dengan No. Urut Calon : (1) adalah calon pendatang baru, dan HARTONO, SH dengan No. Urut Calon : (2) adalah calon incumbent.

Untuk menentukan Calon pemimpin Desa Sragi itu, Panitia berikan hak masyarakat Desa Sragi untuk menggunakan hak pilihnya di sebanyak 18 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di Dusun se Desa Sragi. Tehnis sebaran TPS oleh Panitia sengaja dilakukan demi maksimalisasi kehadiran masyarakat pemilih ke TPS menggunakan hak suaranya.

Dari informasi hasil rekapitilasi perolehan suara, Calon No. Urut : 2 (HARTONO, SH) ungguli perolehan suaranya di sebanyak 17 TPS. Sementara lawannya hanya memenangi atau unggul perolehan suara di 1 TPS yaitu di TPS : 13 saja. HARTONO, SH dari total suarah syah 5513 suara, berhasil raih dukungan suara sebanyak 3663 suara, sementara lawannya raih dukungan suara sebanyak 1850 suara selisih 1813 suara.

Tak berlebihan bila kemenangan Calon Kepala Desa Sragi incumbent HARTONO,SH adalah kemenangan mutlak. Yang menarik dari Pemilihan Kepala Desa Sragi adalah, menurut sejarah perjalanan Pemerintahan Desa Sragi ini, belum pernah terjadi Kepala Desa menjabat 2 kali. Artinya pada Pilkdes kali ini, masyarakat Desa Sragi sukses “Mengukir Sejarah” pertama kali ada Kepala Desa 2 kali jabatan diawali dari HARTONO, SH.

Sebagaimana disampaikan salah satu Tokoh Masyarakat Sragi bernama Achmad Faisol, merasa bersyukur sekali Pilakdes Sragi sukses digelar oleh Panitia dan didapatkan calon pemimpin atau Kepala Desa Sragi untuk periode 2023 – 2029. Dibenarkan oleh Achmad Faisol bahwa di Desa Sragi baru kali ini ada Kepala Desa akan menjabat 2 kali jabatan. Achmad Faisol pun berharap, pasca Pilkades agar masyarakat kembali lakukan aktifitas keseharian seperti biasa. (r35).

Pos terkait