Siswa SDN Tanah Merah Dajah 2 Berhasil Raih Juara Favorit Di Ajang FTBI Tingkat Provinsi Jatim

BANGKALAN | Kabaroposisi.net – Siswa SDN Tanah Merah Dajah 2, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan, berhasil mencetak prestasi sebagai juara favorit lomba dongeng di ajang Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat Provinsi Jawa Timur.

Menjadi salah satu siswa yang mewakili kabupaten Bangkalan di ajang FTBI, Marsyah Nabila Al Budiman berhasil mengharumkan namanya dengan meraih juara favorit di pagelaran akbar tersebut.

Foto: Jasuli, S.Pd Korwil Pendidikan Tanah Merah

Dengan menggunakan bahasa daerahnya yakni bahasa Madura, Marsyah Nabila mendongeng asal muasal terciptanya salah satu kampung di kabupaten Bangkalan, yang diberi judul Kampong Kramat Tikus.

Hal itu menjadi kebanggaan tersendiri oleh Nabila lantaran di ajang ini selain mendapat juara, ia juga bisa memperkenalkan bahasa Madura ke khalayak luas.

“Bahasa Madura merupakan bahasa ibu yang sepatutnya kita lestarikan, dikarenakan di era saat ini perkembangan bahasa modern sangat pesat dan generasi Z saat ini lebih suka dan bangga mengunakan bahasa asing dan bahasa gaul dibandingkan dengan bahasa ibu atau bahasa daerahnya sendiri”, ucap Marsyah Nabila.

Maka dengan kesempatan yang ia dapat untuk mengikuti lomba mendongeng dalam FTBI, yang diselengarakan oleh Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, memberikan motivasi tersendiri untuk dirinya agar lebih mencintai bahasa daerah.

“Dengan prestasi yang saya raih dalam festival tersebut memberikan contoh nyata agar semua teman-teman pada umumnya lebih mencitai dan lebih bangga untuk berkomunikasi dengan bahasa daerah atau bahasa ibu”, Tutur Marsyah Nabila.

Selain itu Nabila sapaan akrabnya menyampaikan terimakasihnya kepada jajaran dewan guru yang telah banyak mensupport nya.

“Tak lupa saya mengucapkan terimakasih kepada kepala sekolah SDN Tanah Merah Dajah 2 Ibu Aminatus Suhrah, S. Pd yang memberikan motivasi kepada saya meski dari sekolah pelosok, jika saya fokus dan yakin akan kemampuan saya maka saya akan berhasil”, katanya

Lebih lanjut Nabila menyampaikan, “Dan tak lupa saya ucapkan terimakasih juga kepada guru SDN Tanah Merah Dajah 2 sebagai motivator saya, Bpk. Djupri, S. Pd, M. Pd selaku pengawas Guslah 3 yang selalu memfasilitasi saya dalam mengikuti lomba, Bpk Jasuli, S. Pd selaku Korwil Tanah Merah yang telah memberi restu serta doa, dan terimakasih kepada kepala dinas pendidikan kabupaten Bangkalan”, pungkasnya.

Ditemui disela-sela kegiatan kesehariannya, Jasuli, S. Pd, Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan Kecamatan Tanah Merah menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi yang diraih oleh siswa SDN Tanah Merah Dajah 2 itu.

Ia berharap agar hal ini bisa menjadi sumbu awal bagi lembaga SD yang berada di wilayah kerjanya tersebut bisa berkiprah di jenjang yang sama.

“Kami atas nama Korwil mengucapkan banyak terimakasih dan sangat mengapresiasi atas keberhasilannya SDN Tanah Merah Dajah 2 dalam lomba FTBI tingkat Provinsi Jatim dengan membawa piala juara favorit, ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi kami, dan mudah-mudahan tahun depan bisa diikuti oleh lembaga-lembaga lain di Kecamatan Tanah Merah”, jelasnya. (Fin)

Pos terkait