UPTD SMPN 3 Burneh Rayakan Idhul Adha Dengan Memotong Hewan Kurban, Dan Bagikan Ratusan Kantong Daging Sapi

BANGKALAN | Kabaroposisi.net – Dalam rangka memperingati hari raya Idhul Adha 1445 hijriah, keluarga besar UPTD SMPN 3 Burneh, menggelar pemotongan hewan kurban yang dilaksanakan di halaman belakang sekolah pada hari Rabu (19/06/2024).

Perayaan Idhul Adha tahun ini SMPN 3 Burneh sedikitnya melaksanakan kurban dengan memotong satu ekor sapi. Kegiatan ini juga dihadiri oleh seluruh warga sekolah, termasuk Komite sekolah, dewan guru dan seluruh siswa, terutama dalam menyaksikan kegiatan pemotongan hewan qurban tersebut.

Hasil dari pemotongan hewan kurban tersebut kemudian didistribusikan kepada seluruh warga sekolah yang hadir pada acara tersebut.

Selain itu tak hanya warga sekolah yang mendapatkan sebungkus daging sapi, SMPN 3 Burneh juga membagikan daging kepada masyarakat setempat yang pemukiman nya berada di wilayah sekitar sekolah.

Dikatakan Holili. M.Pd.i, Kepala Sekolah SMPN 3 Burneh, kegiatan berkurban ini sudah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun di lembaga sekolahnya.

Namun meskipun sudah menjadi agenda tahunan, tapi pada setiap pelaksanaan selalu memberikan makna serta kesan mendalam baginya. Menurut Holili ada kisah ketaatan Nabi Ibrahim a.s dan Nabi Ismail a.s yang bisa dijadikan suri tauladan di balik perayaan Idul Adha yang dilaksanakan di lembaga sekolah tersebut.

“Hari raya ini Idul Adha mengajarkan nilai-nilai pengorbanan, keikhlasan, kesabaran, ketaatan, dan nilai berbagi. Salah satunya terdapat perintah untuk menyembelih hewan kurban”, ucapnya.

Selain itu ia juga menyampaikan dari kegiatan ini para siswanya dapat lebih sadar dan bisa memetik pelajaran berharga dari rangkaian kegiatan yang sudah dijalani dihari tersebut.

“Tujuannya untuk selalu belajar mendekatkan diri kepada Allah dengan Penyembelihan hewan qurban ini. Mengharap juga kegiatan ini sebagai simbol pemotongan nafsu hewan manusia, dengan demikian diharapkan akan menjadi manusia seutuhnya sebagai hamba Allah”, jelas holili

Ia juga berharap kegiatan ini terus berlanjut ditahun tahun berikutnya dan juga mampu memberikan pembelajaran tentang makna kurban dan keikhlasan untuk berbagi. (fin).

Pos terkait