Pembukaan Latihan Capaska Jombang Tahun 2024 dengan Intregritas Tinggi dan Semangat Kemerdekaan

Kabaroposisi.net | Jombang – Pj Bupati Teguh Narutomo membuka latihan calon pengibar Bendera Pusaka (Capaska) Kabupaten Jombang tahun 2024 di halaman pendopo Kabupaten Jombang. Rabu (31/7/2024)

Menjadi bagian dari paskibraka bukanlah tugas yang ringan, melainkan sebuah tanggung jawab besar yang memerlukan disiplin, ketahanan fisik, dan mental yang kuat. oleh karena itu, penyelenggaraan latihan Capaska kabupaten Jombang tahun 2024, merupakan salah satu upaya untuk melatih kesigapan dan keterampilan calon paskibraka yang akan bertugas di kabupaten Jombang agar tampil maksimal.

Bacaan Lainnya

Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo ketika diwawancarai sejumlah media menyampaikan bahwa latihan bagi Calon Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) sebelum memasuki tahapan pengukuhan nantinya akan digunakan saat upacara hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 79.

Latihan Capaska mengandung banyak sekali makna, nilai, dan filosofi kehidupan, sebab kegiatan paskibraka mengedepankan nilai cinta tanah air dan rela berkorban untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), imbuhnya.

“Bagi para calon pengibar bendera pusaka yang terpilih adalah putra-putri terbaik Jombang yang telah melalui berbagai tahapan seleksi ketat dan telah mengikuti latihan intensif yang dimulai sejak bulan Juni hingga Juli tahun 2024,” tuturnya.

Sementara para anggota Paskibraka merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi diri sendiri, sekolah, dan juga bagi para orang tua. Terpilihnya pelajar dari sekian banyak pendaftar menunjukkan bahwa kalian dinilai memiliki kemampuan untuk memenuhi syarat sebagai anggota paskibraka. Hal tersebut akan di buktikan selama masa pendidikan dan pelatihan.

Menurutnya, pelatihan diharapkan dapat mengambil nilai-nilai positif yang diperlukan guna mengembangkan pembentukan kepribadian karakter generasi dan muda, meningkatkan profesionalisme dan idealisme dalam berbangsa dan bernegara, serta menjadi sarana untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin guna memberikan penampilan terbaik saat berlangsungnya upacara hari peringatan kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke- 79 nanti.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia paskibraka tahun 2024 yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dengan baik, kepada para pelatih, serta kepada pendamping. Mari kita bersatu padu agar momen bersejarah ini dapat terlaksana dengan khidmat dan sempurna,” ungkapnya.

Tak hanya itu, anggota paskibraka diharapkan bukan hanya sebagai pasukan pengibar bendera pada upacara HUT Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, namun harus mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi, disiplin, bermoral, serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.

“Bagi anggota paskibraka harus memiliki integritas kepribadian yang baik, mental yang kokoh, ulet, tegar, serta pantang menyerah untuk berjuang demi kemajuan kabupaten jombang, bangsa, dan negara kesatuan republik indonesia,” pungkasnya.(tyas)

Pos terkait