Dinsos Gandeng Kemensos Salurkan Bantuan Atensi kepada Disabilitas Kabupaten Jombang

Kabaroposisi.net | Jombang – Dalam rangka Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Jombang Ke 114 Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Jombang, kolaborasi dengan Kementerian Sosial (Kemensos) RI, melalui Sentra Terpadu Prof DR. Soeharso, Surakarta memberikan Bantuan Modal Usaha bagi Penyandang Disabilitas dan melaksanakan Operasi Katarak Mata Gratis kepada 100 orang.

Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jombang Hari Purnomo pada menyerahkan bantuan tersebut di Rumah Pelayanan Sosial yang ada di Desa Candimulyo, Kecamatan Jombang. Senin (7/10/2024)

Bacaan Lainnya

Bantuan atensi kewirausahaan dari Kemensos disalurkan melalui Sentra Terpadu Prof. DR. Soeharso, Surakarta ini berupa peralatan yang dapat langsung digunakan untuk berwirausaha.

Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo berharap, program kegiatan sosial operasi katarak gratis akan mampu mengembalikan kepercayaan diri para penderita katarak dan memungkinkan mereka untuk berpartisipasi lebih aktif dalam kehidupan sosial.

“Saya juga berharap bantuan modal usaha bagi penyandang disabilitas, tidak hanya membantu untuk mandiri secara ekonomi, tetapi juga membuka lapangan pekerjaan baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Jombang. Insyaallah semoga menjadi manfaat dan barokah, ” tuturnya.

Bantuan yang diberikan diantaranya berupa mesin jahit; tambal ban dan service; peralatan pijat, alat cuci motor; alat bengkel motor/ las, dan perlengkapan laundry.

Ditempat sama, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jombang Hari Purnomo menjelaskan bahwa, Kabupaten Jombang telah mengusulkan 200 Penyandang Disabilitas untuk mendapatkan bantuan kewirausahaan.

“Hari ini untuk Operasi Katarak Mata dalam proses tahapan Screening di Poli Mata RSUD Jombang, rencana Operasi akan dilaksanakan pada 14 dan 19 Oktober. Sedangkan untuk bantuan Modal Usaha bagi Penyandang Disabilitas, kita mengusulkan 200 orang. Pada tahap 1 ini disalurkan kepada 19 orang, ” jelasnya.

Dalam momentum Pembukaan Jombang Fest pada 14 Oktober 2024 mendatang, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin akan menyalurkan bantuan. “Direncanakan Bapak Wakil Presiden juga akan menyerahkan bantuan secara langsung kepada Penyandang Disabilitas pada Pembukaan Jombang Fest 2024,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu penerima bantuan alat mesin jahit, Laksmi dari Sumobito mengucap syukur karena adanya bantuan buat para disabilitas.

“Alhamdulillah, saya senang sekali. Semoga kedepan akan lebih banyak lagi teman-teman seperti saya yang mendapatkan bantuan seperti hari ini, karena sangat membantu sekali, ” pungkasnya.(tyas)

Pos terkait