Ketua LSM COBRA Banyuwangi Djoni: “Saya Prihatin Mata Uang USD  100 (Berkerut) Tidak Bisa Ditukar Ke Mata Uang Rupiah

Kabaroposisi.net. BANYUWANGI-

Seorang pria berinisial IF yang mempunyai uang USD 100 tidak bisa menukarkan uangnya di berbagai bank, Selasa (07/01/2020).

Uang USD 100 tersebut yang didapatkan dari beli di Bank Mandiri Banyuwangi Tahun 2018, di Tahun 2019 IF ingin menjual uang asing USD 100 tersebut ke Bank Mandiri Banyuwangi kota namun ditolak oleh pihak Bank Mandiri Banyuwangi kota dengan alasan karena uang USD 100 keriput atau lungset dikarenakan dimasukan dalam dompet, sedangkan dompet tiap saat dibawa kemana – mana dimasukkan saku celana saat berdiri, duduk, berbaring, dan berjalan.

Di Tahun 2020 IF mencoba lagi menukarkan uang asing USD 100 di berbagai Bank diantaranya Bank BRI Ketapang Banyuwangi, Bank BNI Ketapang Banyuwangi, semuanya menolak dengan alasan yang sama seperti Bank Mandiri satu tahun yang lalu.

Seorang pria berinisial IF menyampaikan dengan pertanyaan, “kenapa mata uang USD 100 kalau keriput atau lungset tidak bisa ditukarkan dengan mata uang Rupiah di berbagai Bank di Banyuwangi ?…
Padahal ini hanya lungset atau keriput tidak sobek dan tidak bolong serta tidak terbakar separuh, sedangkan saya membutuhkan mata uang Rupiah sebagai alat transaksi untuk jual – beli.”.. Keluh IF

Mengapa USD 100 yang lungset atau keriput kok tidak bisa ditukarkan ?…
Ada apa Bank – Bank tidak mau menerima penukaran mata uang USD ke mata uang Rupiah ?… , Saya Kecewa dengan Bank – Bank karena tidak bisa menukarkan uang USD ke Rupiah padahal uang USD ini didapatkan dari Bank Mandiri Banyuwangi.

Daud Djoni. WD selaku Ketua LSM Cobra DPC Banyuwangi dalam Penyampainya, sangat turut prihatin dimana mata uang USD 100 hanya karena lungset atau keriput tidak bisa lagi untuk ditukar ke mata uang Rupiah,

“Saya Daud Djoni, WD selaku Ketua LSM KOBRA Banyuwangi ikut perihatin terkait mata uang USD 100 tidak bisa ditukarkan ke mata uang Rupiah, sedangkan IF sangat butuh penukaran mata uang tersebut untuk kebutuhannya dengan menggunakan mata uang Rupiah, sedangkan mata uang USD 100 didapat dari beli Bank Mandiri namun oleh pihak Bank tersebut ditolak dikarenakan mata uang USD 100 sudah lungset atau keriput, dari pengamatan Saya untuk mata uang USD 100 masih kondisi utuh dan tidak robek, tidak terbakar separuh, namun dari pihak Bank Mandiri dan Bank lainnya tidak bisa ditukarkan dengan Rupiah, Ada apa dan Mengapa tidak bisa ditukarkan ?..”.. Tegas Djoni.

Masih menurut Djoni, berbagai pertanyaan disampaikan terkait syarat dan peraturannya yang ditujukan kepada salah satu Bank Indonesia,

” Saya Daud Djoni, WD selaku Ketua LSM KOBRA DPC Banyuwangi mempertanyakan pada Bank Indonesia (BI) terkait penukaran mata uang USD 100 ke mata uang Rupiah.
Apa ada peraturan atau kebijakan dari Bank Indonesia terkait penukaran mata uang USD 100 ditukar ke mata uang Rupiah ?..
Apa ada.. dan persyaratannya apa saja untuk penukaran mata uang tersebut ?…
Apa ada persyaratannya secara tertulis bagi Nasabah yang mau menukarkan mata uang tersebut ?… ” Pungkasnya. (ktb/if).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *