Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Siap Membantu KUB Putra Nelayan Pantai Cemara Gading Sukojati Jadi Percontohan

Kabaroposisi.net.| BANYUWANGI – Bertempat di Pantai Cemara Gading Dsn. Sengon Ds. Sukojati Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi. Berlangsung acara Tasyakuran sekaligus penyerahan SK atas keberadaan pengurus Kelompok Usaha Bersama (KUB) Putra Nelayan Selasa 04/01/2022.

Hadir dalam acara yang digelar oleh waraga nelayan tersebut diantaranya Michael Edy Hariyanto, SH (Wk. Ketua DPRD Banyuwangi Fraksi Demokrat), Julisetyo Puji Rahayu (Sek. DPC Partai Demokrat), Sutikno Saputro (Perwakilan Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Banyuwangi), Abin Hidayat (Camat Blimbingsari) beserta Sekcamnya, Nursaamsi (Kepala Desa Badean), dan Untung Suripno (Kepala Desa Sukojati) beserta perangkatnya.

Bacaan Lainnya

Asmari selaku perwakilan tokoh masyarakat pesisir Pantai Cemara Gading Dsn. Sengon Ds. Sukojati sampaikan suka duka kehidupan sebagai seorang nelayan. Diteruskan menyampaikan aspirasi kepada Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Demokrat Michael Edy Hariyanto, SH. Asmari berharap ada solusi bagaimana kehidupan warga para nelayan di sekitar Pantai Cemara Gading Sukojati bisa menjadi lebih baik.

Sekdes Sukojati Wawan Ihwanto atas nama warga dan Pemerintah Desa mengucapkan terima kasih atas bantuan anggaran Pokir dari Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Michael Edy Hariyanto. Yang mana menurut Sekdes anggara dari Pokir Michael Edy Hariyanto wakik rakyat dari Partai Demokrat itu, masuk ke Desa Sukojati mencapai 1 Milyar lebih. Berikut mewakili warga nelayan Sekdes sampaikan aspirasi agar kiranya di Pantai Cemara Gading dibangun Breakwater (Pemecah Ombak). Karena sebagian bibir pantai sudah mulai mengalami abrasi yang kalau tidak segera ditangani akan melebar ke pemukiman nelayan.

“Masalah Breakwater (Pemecah Ombak) sudah pernah diajukan ke Dinas. Dan informasinya sekitar pada bulan empat (April) tahun 2022 ini akan direalisasi. Oleh karena itu kami mohon bantuan dukungan dan kawalan dari Pak Michael selaku Wakil Ketua DPRD agar apa yang sudah diajukan ke Dinas betul-betul bisa teralisasi”, ungkap Sekdes Sukojati.

Kepala Desa Sukojati Untung Suripno menyambung apa yang disampaikan Sekdesnya yang intinya menegaskan dan membenarkan bahwa anggaran dari Pokirnya Michael Edy Hariyanto sudah masuk 1 Milyar lebih. Diakuinya memang ada anggaran pokir dari anggota DPR yang lain, tapi jumlahnya tidak sebanyak yang diberikan oleh Michael Edy Hariyanto dari Partai Demokrat. Tak jauh beda dengan Sekdesnya Kades Untung berharap apa yang jadi aspirasi warganya terutama para nelayan yang tergabung dalam KUB Putra Nelayan seyogyanya ditindak lanjuti.

Camat Blimbingsari Abin Hidayat pada kesempatan tersebut meneruskan apa yang jadi aspirasi warga nelayan. Berharap kepada Michael (Wk. Ket. DPRD) dan Dinas Perikanan agar apa yang disebutnya sebagai curhatan masyarakat petani nelayan untuk ditindak lanjuti. Dan diakhir penyampaiannya Camat Abin Hidayat meminta kepada KUB Putra Nelayan Pantai Cemara Gading tetap semangat dan jaga kesehatan dengan baik.

Sutikno Saputro perwakilan dari Dinas Perikanan dan Kelautan singgung soal keberadaan KUB. Harapnya dengan keberadaan KUB yang baru ada perubahan minimal ada kemajuan dari segi kebersamaan, dari segi tehnologi penangkapan ikan maupu dari segi ekonominya. Dijelaskan pula kalau memang ada suatu kegiatan nelayan ingin ada bantuan pembinaan dari Pemerintah. Secara regulasinya memang harus dibentuk kelompok-kelompok usaha seperti Kelompok Usaha Bersama (KUB) Putra Nelayan ini.

Merespon soal abrasi yang disampaikan oleh Sekdes Sukojati, Sutikno akui bahwa masalah abrasi untuk yang ada di pesisir pantai Sukojati maupun yang ada di Badean perlu dapat perhatian dan perlu dibuat Breakwater (Pemecah Ombak). Terakhir Sutikno berpesan kepada KUB untuk menjaga kekompkan dan kebersamaan dan semangat kegotongroyongan, karena keberhasilan nelayan adalah melalui KUB. Dan diminta kepada Pengurus KUB bila ada suatu permasalahan terkait nelayan segera komunikasi dengan Dinas Perikanan selaku pembina tehnis.

Michael Edy Hariyanto, SH selaku Wakil Ketua DPRD Banyuwangi sekilas bercerita bahwa dirinya habis ketemu Bupati dan Michael akui berjanji akan membackup semua prorgram-programnya yang pro rakyat.

“Saya baru ketemu sama Bupati dan saya berjanji akan membackup Pemerintahan, membackup program-programnya Bupati yang berhubungan dengan kesejahteraan rakyat. Bahkan saya tanda tangan, dan saya siap membackup asal programnya ini untuk rakyat”, mukaddimahnya.

Michael juga jentel dan jujur mengakui bahwa Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani orangnya sangat baik dan komunikasinya sudah baik.

“Sekarang komunikasi saya dengan Bu Bupati sudah lebih baik, biasanya Demokrat kan terkenal sering kritik Pemerintah, dan sekarang saya bicara ke Bu Bupati, kami Demokrat satu tahun ini akan membackup program-programnya yang pro rakyat. Tapi bila nanti program-programnya kembali tidak pro rakyat saya kembali akan kritik lagi”, ungkapnya dengan tulus dan disambungnya,

“Tapi alhamdulillah Bupati kita sekarang ini sangat baik dan merespon. Sekarang Bupati kita ini senyum dan mau mendengarkan. Dan kami pun tidak mentang-mentang bukan pengusung Bupati lalu menyerang terus, tidak. Saya mengkritik ketika program pro rakyat tidak dijalankan, mengkritik bukan berarti anti atau menentang Pemerintah. Mengkritik justru membantu agar Pemerintah atau Bupati kita jadi lebih baik dalam menjalankan program-programnya terutama untuk rakyat itu saja, kami tetap obyektif lah dalam hal ini”, lanjutnya.

Termasuk kehadirannya hari ini di Pantai Cemara Gading bertemu dengan KUB Putra Nelayan Desa Sukojati karena demi kepentingan rakyat juga membantu Pemerintah. Selanjutnya Michael katakan kepada warga nelayan, dirinya siap memperjuangkan dan membantu carikan solusi anggaran asal KUB Putra Nelayan serius dan tidak main-main dengan program bantuan Pemerintah.

“Saya sebagai wakil Ketua DPR bisa memperjuangkan kebutuhan nelayan di sini, asal KUB ini betul-betul serius tidak main-main dengan program bantuan Pemerintah dan mau memikirkan anggotanya bagaimana bisa berubah. Saya dalam waktu dekat ingin bertemu Kadis Perikanan dan Kelautan. Saya ingin ajak ngobrol diskusi mengenai nelayan supaya bukan hanya diajak kumpul ngomong-ngomong tapi bagaimana eksekusinya”, tegasnya.

Michael dengan tegas katakan agar warga nelayan memanfaatkan dirinya selaku Wakil Ketua DPRD. Di forum itu Michael persilahkan kepada KUB Putra Nelayan untuk mengajukan anggaran tentang kebutuhan yang sekiranya bisa untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan. Michael inginkan KUB Putra Nelayan Pantai Cemara Gading di Sukojati jadi percontohan di Banyuwangi. Michael juga akan usahakan carikan solusi supaya nelayan dapat bantuan Perahu ukuran besar untuk dikelola oleh KUB Putra Nelayan Sukojati.

Pungkasi acara Tasyakuran adalah penyerahan SK KUB Putra Nelayan Pantai Cemara Gading oleh Kepala Desa kepada Miftahul Huda selaku pengurus KUB Putra Nelayan Desa Sukojati. (r35).

Pos terkait