Gelar Pelatihan Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD 

KABAROPOSISI.NET|Jombang, – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Jombang, mengikuti pelatihan dasar tentang pengetahuan pola pendidikan PAUD. (Pendidikan Usia Dini)

Kegiatan yang digelar sejak 26 Maret sampai dengan 1 April 2022 itu bertujuan untuk membekali guru PAUD, supaya mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan-perubahan ke depan agar mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan perubahan.

Bacaan Lainnya
Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Senen, S.Sos. MM., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang menyampaikan, Pelatihan ini sesuai dengan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jadi, pelatihan dasar PAUD ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi Guru PAUD,.

Menurutnya Kegiatan yang dilakukan di Aula 1 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jl Pattimura No 5, Sengon ini diikuti 100 orang guru PAUD. Kegiatan ini dilakukan setiap tahun, peserta yang sudah ikut tahun lalu tidak boleh ikut lagi pada tahun ini.

Dikatakan juga olehnya, Siapa saja boleh mendaftar, asalkan belum pernah mengikuti pelatihan dasar PAUD sebelumnya.

“Kita berikan kesempatan kepada guru lain yang belum pernah

Dijelaskan oleh Senen, setelah mengikuti pelatihan dasar selesai, peserta kemudian melakukan praktik di sekolah masing masing, diawasi pengawas TK selama satu bulan. Laporan hasil hasil pelatihan dasar kemudian diserahkan kembali ke Dinas P dan K, baru kemudian piagam diterbitkan,” ungkapnya

Setelah mengikuti Pelatihan Dasar PAUD, peserta menguasai kompetensi guru sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku.Tahun lalu, kata Senen, mantan Camat Mojoagung ini, kegiatan pelatihan dasar hanya diperuntukkan 70 guru PAUD, namun tahun ini meningkat menjadi 100 guru, ungkapnya.

Perlu diketahui, pembukaan, dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Senen, sekaligus membuka acara tersebut, hadir pula Kabid Pembinaan Ketenagaan, Karyono, Kabid Pembinaan PAUD dan PNFI Suyuti, Ketua IGTKI Kabupaten, Ketua Himpaudi Kabupaten, Ketua Paguyuban Pengawas, juga Penilik. (SAP)

Pos terkait