Pemberdayaan Ekonomi Masyarakatnya, Pemdes Sragi Kolaborasi Dengan UMKM RAMADHAN CAMP Di Bumi Perkemahan JEONGMARA

KABAROPOSISI.NET.|BANYUWANGI – Bertempat di area Bumi Perkemahan JONGMARA Dusun Watugowok Desa Sragi Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi Rabu 7/4/2022, berlangsung acara pembukaan RAMADHAN CAMP. Yang mana kegiatan tersebut sengaja digelar oleh Pemerintah Desa Sragi berkolaborasi dengan masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Usaha Miro Kecil Menengah (UMKM) yang ada se Desa Sragi.

Hadir dalam acara tersebut Camat Songgon yamg dalam hal ini diwakili oleh Tanto selaku Sekertaris Kecamatan (Sekcam) Songgon. Pantauan media, ada sekira kurang lebih 40 UMKM terlibat dalam kegiatan RAMADHAN CAMP, mereka buka lapak dengan menyajikan ragam kuliner siap saji untuk para pengunjung. Menurut pengakuan salah satu pelapak ketika dikonfirmasi sebelum acara seremonial dimulai, bahwa warga Desa Sragi terutama para ibu-ibu yang punya keahlian dalam olahan jajanan dan makanan (kuliner), berkat bimbingan dan binaan PKK, yang kemudian melebur bersama UMKM yang diketuai oleh Dra. Pinisri.

Dra. Pinisri dalam penyampaiannya mengucapkan terima kasih dan selamat bergabung kepada keluarga besar UMKM se Desa Sragi yang telah turut berpartisipasi, meramaikan kegiatan Bazar Ramadhan. Harapnya, semoga melalui kegiatan Bazar Ramadhan (Ramadhan Camp), bisa mendapatkan risqi yang banyak, bermanfaat untuk keluarga. Pinisri mengajak agar UMKM di Desa Sragi bisa mendukung Pemerintah Desa dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Kepala Desa Sragi Hartono pada kesempatan tersebut, kepada semua perangkat desanya dan khususnya pemuda remaja Dusun Watugowok, mengucapkan terima kasih dan apresiasinya yang telah kerja keras mewujudkan kegiatan pemberdayaan ekomomi masyarakat melalui RAMADHAN CAMP di Bumi Perkemahan JEONGMARA. Kades Hartono berharap kepada para ibu-ibu yang tergabung dalam UMKM, untuk memanfaatkan moment RAMADHAN CAMP dengan sebaik-baiknya supaya membantu penghasilan keluarga. Tegasnya, Pemerintah Desa akan selalu mendukung dan mensupport kegiatan UMKM, selama untuk kebaikan dan bermanfaat bagi peningkatam ekonomi masyarakat Desa Sragi

Sementara Tanto (Sekcam) Songgon dalam sambutannya awali dengan menyampaikan harapannya, semoga ke depan kawasan Jeongmara menjadi kawasan yang bisa berkontribusi kepada Pemerintah Desa, Kecamatan Songgon, dan Kabupaten Banyuwangi. Sekcam juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap patuhi protokol kesehatan dan pastikan sudah vaksinasi, karena masa pandemi covid-19 masih belum berakhir. Sekcam mengajak masyarakat untuk melakukan cara pandang dan langkah yang sama dalam mewujukan kemandirian desa. Karena kemandirian desa berbanding lurus dengan percepatan pertumbuhan ekonomi lokal di suatu desa. Maka dari itu diperlukan kerjasama, berkolaborasi, bersinergi dengan semua potensi yang ada di desa itu sendiri. Di mana saat ini dituntut harus mampu mengimplementasikan secara riel terkait dengan apa yang sudah dilaunching Bupati Banyuwangi yaitu Banyuwangi Rebound.

Dan Sekcam sangat mengapresiasi kepada Pemerintah Desa Sragi, bahwa dalam beberapa waktu tetakhir ketap kali menciptakan moment-moment yang sebenarnya menjawab program Banyuwangi Rebound yang salah satunya adala RAMADHAN CAMP di Bumi Perkemahan JEONGMARA.

Akhirnya atas nama Camat Songgon, Sekcam Tanto mengucapkan selamat dan membuka acara RAMADHAN CAMP 1443 H di kawasan JEONGMARA Dusun Watugowok Desa Sragi. Acara pun ditutup dengan doa dilanjutkan Sekcam didampingi Kepala Desa, Sekdes dan semua Perangkat Desa Sragi kunjunhi lapak-lapak kuliner yang mengikuti Baza RAMADHAN CAMP JEONGMARA. (r35).

Pos terkait