Pemdes Babbalan gelar musyawarah P3D Tahun 2023 pada langkah awal

Kabaroposisi.net,|SUMENEP,- Pemdes Babbalan, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep, menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Penyusunan Perencanaan Pembangunan Desa Tahun Anggaran 2023, Senin (4/7/2022).

Musdes dipimpin langsung Kepala Desa (Kades) Mastur, dihadiri Camat Batuan, bersama anggota, Babhinsa dan Babhinkamtibmas, Pendamping Desa, BPD, PKK, serta seluruh perangkat Desa Babbalan.

Turut hadir, Ketua Karang Taruna Generasi Anak Muda Babbalan (Gaba), tokoh Agama, tokoh Pemuda, Masyarakat, dan tokoh Wanita, digelar pukul 13.53 Wib di balai Desa setempat.

Pelaksanaan Musdes berlangsung khidmat, lancar dan terjadi interaksi komunikasi, tukar dan bagi pendapat (sharing) dengan seluruh peserta yang hadir.

Kades Mastur menyampaikan, sebagai langkah awal dalam daftar usulan perencanaan pembangunan Desa di tahun 2023 mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan dengan melibatkan warga masyarakat.

“Musdes ini merupakan Forumnya Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai mitra kerja Pemerintah Desa bertujuan untuk mencapai sebuah pemerintahan yang transparan” ujarnya.

Gagasan segala unsur sangatlah penting, sebab semua orang bisa menyampaikan aspirasinya, baik dalam sektor pembangunan, pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“RKP Desa bertujuan menyusun perencanaan yang baik dan matang dalam menentukan pokok-pokok kebijakan arah pembangunan Desa ke depan” terangnya.

Pelakasanaan RKP Desa, menurut Mastur, mengacu pada Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pembangunan Desa dan Permendesa PDTT Nomor 16 Tahun 2019 tentang Musyawarah Desa.

“Sedangkan prioritas Penggunaan Dana Desa (DD) mengacu pada Permendesa PDTT Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022” jelas Kades Mastur.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Batuan, Guntur, menambahkan Musdes ini sangat penting untuk menyampaikan aspirasi dari masing-masing masyarakat guna mewujudkan program pemerintah.

“Hasil dari musyawarah masyarakat desa diharapkan bisa mendukung semua kegiatan maupun program pemerintah sehingga terlaksana dengan baik” tandasnya.

Sementara, Ketua BPD Desa Babbalan, Munir, mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama, bergotong royong, serta menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah Desa.

“Pemberdayaan Sumber Daya Manusia maupun seluruh aspek yang bisa menjadikan Desa Babbalan kedepan semakin maju dan berkembang” harapnya.

Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat agar tidak hanya pandai memberikan usulan saja namun juga dapat merawat dan menjaga ketika usulannya telah terlaksana.

“Masyarakat jangan hanya pinter mengusulkan akan tetapi diharapkan harus bisa merawat apabila segala usulannya sudah dikerjakan” pungkasnya. (Har/No)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *