Lestarikan Uri uri Budaya Jawa di Petilasan Damarwulan Megaluh Jombang

KABAROPOSISI.NET|Jombang, -Sarasehan Ruwatan oleh Kelompok Budaya Jombang Poros Langit Nuswantoro mengambil tema “Tumuju marang laku Utomo mengerti Sangkan paraning dumadi manunggaling kawulo Gusti” dipimpin oleh Salatin atau yang lebih dikenal dengan nama Ki Panji Trisula.

Dihadiri oleh Mohammad Syarif Hidayatullah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jombang, serta beberapa Spiritual di Jawa Timur. Minggu (17/7/2022)

Bacaan Lainnya

Ketua DPC Partai Demokrat Mohammad Syarif Hidayatullah yang akrab di panggil Gus Sentot ketika sambutan menyampaikan Sarasehan Ruwatan di Petilasan Damarwulan Desa Sudimoro Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang

Merupakan. makna dan perwujudan budaya Jawa dalam kehidupan sehari hari merupakan uri uri budaya bangsa dengan cara mempertahankan nilai nilai budaya luhur bangsa.

“Kami bersama warga mengadakan sarasehan ruwatan guna melestarikan budaya leluhur dan agar tetap dikenal oleh generasi melenial dan tidak punah,” ungkap Gus Sentot.

Lanjutnya, uri uri budaya leluhur merupakan warisan dari nenek moyang kita selain untuk mengenang dan sebagai edukasi generasi berikutnya.

“Ketentraman dan kedamaian diwujudkan bersama dalam sarasehan ruwatan. Kita diajarkan nerima agar luhur wekasane sehingga bisa berdamai dengan siapapun, ” ucapnya.

Perlu diketahui di Kabupaten Jombang banyak situs-situs nasional dan sejarah yang perlu diperhatikan dan diharapkan ada kepedulian dari pihak Pemerintahan.

Adanya reformasi dari senior kepada generasi milenial untuk melestarikan budaya nasional dan tetap memupuk semangat persatuan kesatuan. Salah satunya adalah semangat gotong royong yang merupakan sejarah nenek moyang kita.

Ditempat sama Salatin (Ki Panji Trisula) memberi sesaji berupa tumpeng saat mengakhiri Sarasehan Ruwatan berupa tumpeng sebagai simbul.

“Sarasehan Ruwatan agar bisa menjadi kegiatan rutin guna melestarikan budaya agar bisa tetap dikenal masyarakat,” pungkasnya. (sap)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *