DPD LSM LIRA KAB PROBOLINGGO Dan Warga Menolak Rencana Penggelaran Adventure Trail and Mountain Bike Di Bromo

KABAROPOSISI.NET|Probolinggo, – Rencana penggelaran Bromo Trail And Mountain Bike yang kabarkan akan berlangsung di Padang Pasir Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menuai penolakan.

Penolakan dari sejumlah kalangan, baik masyarakat maupun aktivis kelembagaan masyarakat di antaranya DPD LSM LIRA Kab. Probolinggo.

Bacaan Lainnya

Mereka khawatir kegiatan tersebut akan merusak kearifan lokal dan ekosistem Laut Pasir yang merupakan wilayah konservasi Taman Nasional Bromo. (22/07/22)

Ditegaskan, Bupati DPD LSM LIRA Kabupaten Probolinggo, “kawasan Taman Wisata Nasional Bromo Tengger Semeru tidak hanya di kenal akan pesona alamnya yang  indah namun kearifan lokal yang ada merupakan kekayaan milik bangsa ini yang harus kita lestarikan dan kita jaga bersama, seperti perihalnya lautan pasir Bromo yang merupakan salah satu kawasan sakral bagi masyarakat Tengger, di lokasi itu terdapat sejumlah simbol simbol Agama diantaranya, Padmasari (Pelinggih) dan Pura Luhur Poten, serta beberapa lokasi sakral lainnya, sehingga adanya penolakan terhadap rencana akan berlangsungnya kegiatan Trail And Mountain yang dikabarkan akan dilangsungkan pada tanggal 28 Agustus mendatang sangat wajar”.

Lengkapnya, Samsudin mengatakan, “dalam hal ini semestinya pihak  Penyelenggara Bromo Adventure Trail and Mountain Bike, juga memikirkan substansinya dahulu sebelum materi begitupun juga dengan para pihak dari Instansi terkait”, tegas Samsudin.

Untuk diketahui, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah salah satu destinasi wisata alam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan salah satu kawasan pelestarian alam yang ada di Jawa Timur, yang didalamnya terdapat banyak obyek wisata menarik yang bisa dinikmati.

Seperti wisata melihat matahari terbit (Sunrise) di Gunung Penanjakan. Gunung Penanjakan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) memiliki ketinggian sekitar 2,770 mdpl. Puncak Penanjakan  merupakan salah satu lokasi view point yang merupakan tujuan utama bagi para wisatawan baik domestik maupun dari Manca Negara untuk menikmati wisata matahari terbit. (WN)

Pos terkait