Kirab Ribuan Santri Dalam Rangka Sambut Tahun Baru Islam 1444 H & Hari Jadi Desa Sragi Ke 119

KABAROPOSISI.NET.|BANYUWANGI – Dalam rangka sambut Tahun Baru Islam 1444 H, dan memperingati Hari Jadi Desa Sragi yang Ke-119 tepatnya pada Sabtu 1 Muharam atau 30 Juli 2022. Pemerintah Desa Sragi Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi, gelar Kirab yang diikuti oleh ribuan Santri Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) yang ada di wilayah Desa Sragi.

Kali ini masyarakat Dusun Kencono ketiban sampur dari Pemerintahan Desa untuk menjadi Panitia dan tempat Start Kirab Santri. Sebanyak 15 Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) yang ada di Desa Sragi kerahkan santrinya sambut gembira datangnya Tahun Baru Islam 1444 H juga memperingati Hari Jadi Desa Sragi (HARJASA) yang tak terasa sudah capai usianya Ke-119.

Kirab Santri diberangkatkan langsung oleh Hartono selaku Kepala Desa didampingi Gunawan (Sekdes), semua unsur Perangkat Desanya dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Kades Hartono juga mengungkapkan apresiasi serta rasa bangganya atas semangat dan kekompakan warganya terutama Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Dusun Kencono melaksanakan kegiatan yang secara rutinitas tiap bulan Muharam dilakukan.

Terlihat juga mendukung dan mengawal demi lancarnya kegiatan yang melibatkan ribuan anak-anak (Santri) Aipda Anton Sugiyanto, SH (Bhabinkamtibmas), Kopda Mahrus Ali (Babinsa), dibantu puluhan Linmas Desa Sragi. Tak pelak keterlibatan ustad dan ustadzah, para orang tua terutama ibu-ibu dalam Kirab kawal anak-anaknya dengan bangga di sepanjang rute mulai dari START Masjid Dusun Kencono hingga FINISH di Dusun Kendal. Suara isntrumen beberapa grup seni terbang (rebana) dan lantuman sholawat jadi bumbu utama kemeriahan kegiatan Kirab.

Yang menarik pantauan media, warga yang kebetulan rumahnya berada di pinggir jalan sepanjang rute Kirab, turut berpartisipasi menyediakan beragam jajanan, buah dan minuman gratis. Yang katanya memang sengaja disediakan untuk anak-anak Santri TPQ yang Kirab dan warga lain yang mungkin haus dan dahaga di perjalanannya. Menyemangati anak-anak Santri, Kepala Desa Sragi Hartono dan semua unsur Pemerintahan Desanya ikut Kirab ful dari START hingga FINISH.

Setiba di FINISH Kades Hartono Dikonfirmasi kepada awak media mengatakan, “Saya selaku Kepala Desa terharu juga bangga melihat begitu antusiasnya masyarakat, ustad, utadzah dan santri-santri berikut orang tuanya dalam kegiatan ini.

Harapan saya kedepan tetaplah masyarakat Desa Sragi kuat dalam kerukunannya, kuat dalam kekompakannya. Saya selaku Pemerintahan Desa selalu siap mendukung dan membantu kegiatan sekecil apapun oleh masyarakat Sragi selama untuk kebaikan bersama. Kami hanya pelayan masyarakat, sudah wajib hukumnya melayani masyarakat, ada kurang lebihnya itu pasti. Namun saya terutama sebagai Kepala Desa tidak alergi dengan saran, koreksi, dan kritik dari siapapun warga Sragi. Semua itu saya anggap sebagai jamu atau obat yang tentu tujuannya demi kebaikan bersama”, ungkapnya.

Kades Hartono dengan adanya kegiatan yang rutin dilaksanakan terutama moment Tahun Baru Islam itu, mengatakan untuk diri sendiri juga seluruh masyarakat Desa Sragi. Agar pergantian Tahun Baru Islam dijadikan barometer perubahan, bermuhasabah, hijrah dari yang kurang baik menuju yang lebih baik terutama meningkatkan ketaqwaan kepada Allah Swt. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *