Pacu Kemajuan TPQ, Pemdes Singojuruh Gelar Lomba MTQ Tartil Tingkat Desa Kategori Anak-Anak

KABAROPOSISI.NET.|BANYUWANGI – Bertempat di Pendopo Desa Singojuruh Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi Sabtu 6 Agustus 2022, berlangsung kegiatan lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) cabang Tartil Ketegori Anak-Anak.

Dalam rangka kegiatan lomba tersebut lembaga Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) sebanyak 9 Dusun yang ada di Desa Singojuruh, terlibat dan mengirimkan santriwan-santriwatinya yang berprestasi. Lalu dalam rangka apakah kegiatan lomba MTQ oleh  Pemerintah Desa Singojuruh digelar..? Karena di bulang Agustus 2022 ada dua peristiwa penting yaitu Tahun Baru Islam dan HUT Kemerdekaan RI Ke-77.

Untuk mengetahui hal tersebut awak media konfirmasi Habiby (Sekdes Singojuruh) via seluler saluran WhatsApp-nya. Dalam keterangannya Sekdes Habiby menyampaikan, bahwa kegiatan lomba MTQ cabang Tartil tingkat Desa digelar karena memang diwajibkan semua Desa se Kabupaten Banyuwangi melaksanakannya. Dan untuk kegiatan lomba tersebut dianggarkan melalui APBDes tahun anggaran 2022.

Masih urai Habiby, untuk peserta lomba adalah anak-anak yang ada di TPQ-TPQ se Desa Singojuruh dengan ketentuan maksimal Kelas 5 SD/MI, atau sekira pada usia maksimal 11 tahun. Peserta lomba yang berhasil menjadi Juara dalam lomba tingkat Desa ini, berikut akan diikutkan lomba di tingkat Kecamatan sampai tingkat Kabupaten. Untuk jumlah peserta lomba yang ikut kali ini sebanyak 41 anak-anak, mereka adu kebolehan baca Qur’an dalam penilaian Dewan Juri yang tentu tidak diragukan lagi kemampuannya.

Di akhir awak media pertanyakan kepada Sekdes Habiby, bahwa lomba tersebut selain memang jalankan amanah program, apa yang diharapkan dari adanya lomba tersebut,

“Harapan kami kegiatan ini bisa mencari bibit unggul dalam membaca tartil Al-Qur’an, dan juga menjadikan motivasi bagi TPQ-TPQ yang ada di Desa Singojuruh, untuk berlomba-lomba dalam mencetak santri yang unggul dalam Tartil Al-Qur’an khususnya dan mencetak santri yang ber-ahlaqul karimah pada umumnya”, pungkasnya. (r35).

Pos terkait