Di HUT Partai Demokrat Ke-21, Michael Edy Hariyanto, SH Terima Cindera Mata Bendera Merah Putih dan Buku Sejarah Dari Veteran

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Bertempat di Aula Agro Wisata Alam Indah Lestari (AIL) Desa Karangbendo Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi, Rabu 17 Agustus 2022 keluarga besar DPC Partai Demokrat Banyuwangi gelar kegiatan dalam rangka peringati HUT Partai Demokrat yang Ke-21. Tentunya kegiatan tersebut digelar setelah sebelumnya mengikuti Upacara memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang Ke-77.

Yang menarik DPC Partai Demokrat Banyuwangi rayakan hari kelahiran partainya kali ini selain bersama jajaran struktural partai juga menghadirkan puluhan Veteran pelaku sejarah perjuangan kemerdekaan. Tak ketinggalan pula keberadaan atau kehadiran para Kyai yang tergabung dalam Partai Demokrat menyejukkan suasana moment gembira para kader partai berlambang Bintang Mercy itu. Sepertinya kehadiran sekira 60 orang Veteran menjadi hal yang khusus karena terlihat pada banner/beground acara tertulis dengan jelas “Memperingati HUT Partai Demokrat Ke-21, Demokrat Peduli Veteran”.

Bacaan Lainnya

Awali acara menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian dilajutkan dengan penyerahan bingkisan sembako dan sejumlah dana oleh Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi Michael Edy Hariyanto, SH, secara simbolis kepada perwakilan Veteran. Tak hanya itu anggota DPRD Fraksi Demokrat dan jajaran Pengurus Partai Demokrat pun tunjukkan kepeduliannya juga berikan bantuan kepada puluhan Veteran tersebut.

Sebagai wujud bahwa keluarga besar Veteran ada ikatan batin dengan keluarga besar Partai Demokrat di Banyuwangi, pihak Veteran menyerahkan cindera mata berupa “Bendera Merah Putih” dan “Buku Sejarah” kepada Michael Edy Hariyanto, SH. Cindera mata yang diberikan keluarga Veteran berupa Bendera Merah Putih dan Buku Sejarah, awak media tangkap seolah ada pesan moral kebangsaan pada kader Partai Demokrat. Terlebih momentumnya di hari, tanggal, dan bulan yang sama Rakyat Indonesia serempak kenang jasa pejuang kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77.

Kusnari selaku Ketua Veteran Kabupaten Banyuwangi menyampaikan dalam sambutannya menyampaikan, “Kami keluarga besar Lembaga Veteran Republik Indonesia  (LVRI) Kabupaten Banyuwangi. Mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran Partai Demokrat Banyuwangi atas undangan dan wujud kepedulian terhadap Veteran. Sekali lagi kami tekankan bahwa Partai Demokrat telah peduli terhadap Veteran,” ungkapnya dengan sungguh-sungguh.

Masih penyampaian Kusnari, “Partai Demokrat telah menunjukkan kepada kami, bahwa Partai Demokrat tidak pernah melupakan sejarah, siapa yang tidak mencintai sejarah maka dia tidak cinta Indonesia. Dan siapa yang tidak mencintai Veteran dia tidak mencintai Indonesia. Inilah, Partai Demokrat telah menunjukkan sikap atas kepeduliannya,” lontarnya dengan tegas.

Berikut Kusnari mengaku mengutip dari beberapa sumber berita yang pernah dibacanya, bahwa para pendahulu Partai Demokrat disebutnya Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) Presiden RI Ke-6.

“Bahwa bapak SBY di masa kepemimpinannya melalui keputusan Presiden Nomor 30/2014 menetapkan hari Veteran Nasional jatuh pada tanggal 10 Agustus. Kepres ini dilatarbelakangi oleh pernyataan Presiden pertama yaitu Bung karno. Pada tanggal yang sama menyampaikan tentang hari Veteran, hari bersejarah 10 Agustus Presiden pertama Bung Karno menyampaikan dihadapan rakyat sebagai hari Veteran Nasional. Kami dari keluarga besar Veteran mengucapkan selamat ulang tahun Partai Demokrat yang ke 21 tahun semoga tetap jaya dan berkesinambungan,” tutupnya.

Sutrisno selaku Bendahara Veteran Kabupaten Banyuwangi juga menyampaikan terimakasih, karena para pelaku sejarah hari ini mendapatkan vitamin dari Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi Michael Edy Hariyanto. SH.

“Ini luar biasa sekali.. kita bangga dengan Partai Demokrat yang telah peduli Veteran, semoga yang lainya juga mencontoh partai Demokrat,” cetuanya beikut disambung dengan mengatakan, “Kami para pelaku sejarah/Veteran sangat cinta kepada Bapak SBY, karena SBY juga pelaku sejarah pertempuran di Timor-Timur beliau luar biasa, cerdas, komandan batalyon 330 para reader, perwira muda luar biasa. Jadi bapak SBY ada dihati para pejuang tidak bisa melupakan SBY orangnya ganteng dan gagah,” sambungnya.

Michael Edy Hariyanto SH selaku ketua DPC Partai Demokrat yang juga selaku salah satu pimpinan DPRD Banyuwangi, pada sambutannya mengatakan bahwa tujuan dirinya masuk ke dunia politik tidak lain hanyalah ingin berbuat membantu rakyat Banyuwangi agar hidupnya lebih sejahtera. Dengan tegas Michael sampaikan bahwa dirinya baik secara pribadi maupun sebagai pimpinan partai tidak akan pernah melupakan sejarah.

“Saya tidak akan pernah melupakan sejarah, bahkan Ketua umum saya pada saat Demokrat dipimpin oleh Pak SBY dan juga sekarang dipimpin Mas AHY menegaskan atau memerintahkan kepada kader Partai Demokrat agar mencintai dan tidak melupakan sejarah”, tegas Michael,

Pada kesempatan tersebut dengan tegas Michael berpesan kepada seluruh kader partainya, untuk tidak melupakan sejarah, karena kata Michael apa yang terjadi sekarang tidak terlepas dari adanya sejarah.

“Tanpa adanya sejarah kita semua tidak akan bisa seperti sekarang ini. Para Veteran sangat berjasa terhadap NKRI, mereka berani mati membela dan berjuang demi untuk memperebutkan kemerdekaan Indonesia. Maka dari itu, di momen 17 Agustusan dan juga dalam rangka HUT Partai Demokrat, kami dari DPC mengundang para veteran untuk memberi masukan kepada partai Demokrat Banyuwangi. Disamping itu kita juga diinstruksikan oleh Ketum AHY, untuk memikirkan para Veteran. Maka di momen ini, DPC Partai Demokrat Banyuwangi memberikan bantuan berupa sembako dan dana untuk organisasi keluarga besar Veteran yang ada di Banyuwangi”, ungkap Michael pungkasi penyampaiannya.

Sebagaimana disampaikan sebelumnya oleh Michael Edy Hariyanto, bahwa beharap ada masukan dari para Veteran, usai sambutan dibuka ruang untuk keluarga besar Veteran menyampaikan saran dan masukan atau aspirasinya. (ktb/r35).

Pos terkait