Penyerahan Bantuan Ketahanan Pangan Desa Padang Dihadiri Wakil Bupati Banyuwangi

Kabaroposisi.net | BANYUWANGI – Selesai melaunching Kampung Cerdik ” BAHAS UANG ” di Dusun Andongsari Desa Padang Kecamatan Singojuruh Sabtu 10/9/2022 pagi hari, satu jam kemudian, H. Sugirah, S.Pd.,M.Si Wakil Bupati Banyuwangi, geser ke kantor Desa Padang hadiri kegiatan penyerahan bantuan program Ketahanan Pangan APBDES Padang Tahun Anggaran 2022.

Hadir dalam kegiatan penyerahan bantuan Ketahanan Pangan di kantor Desa Padang selain jajaran Forpimka Singojuruh, tampak pula kehadiran dari Dinas Perikanan dan Pertanian Kabupaten Banyuwangi. Pendopo kantor Desa Padang terlihat ramai sekali dengan kehadiran ratusan masyarakat yang sengaja diundang oleh Pemetintah Desa selaku penerima manfaat.

Kepala Desa Padang H. In’am pada sambutan penghormatannya menyampaikan ucapan terima kasih ataa berkenan kehadiran Wakil Bupati Banyuwangi dalam rangka penyerahan bantuan dari program Ketahanan Pangan kepada masyarakatnnya. Kades H. In’am menginformasikan kepada Wakil Bupati, bahwa Pemerintah Desa Padang telah melaksanakan amanah dari Pemerintah, yang mana harus dialokasikan anggaran 20 % dari Dana Desa (DD) untuk bantuan Ketahanan Pangan.

Selanjutnya Kades H. In’am sampaikan juga secara rinci dalam bentuk apa saja bantuan Ketahanan Pangan didistribusikam kepada masyarakat penerima manfaat. Sekilas terkutip dari penyampaian Kades In’am jenis bantuan yang akan didistribusikan kepada masyarakatnya antar lain bibit padi sebanyak 1 ton untuk petani melalui Gapoktan, ribuan bibit tanaman kebutuhan pokok, ribuan bibit ikan lele dan ikan gurami, dan ratusan hewan ternak berupa ayam jantan dan betina.

Wakil Bupati Banyuwangi H. Sugirah, S.Pd.,M.Si pada kesempatan tersebut awali dengan mengatakan bahwa bantuan yang akan disampaikan oleh Pemerintah Desa sifatnya hanya bantuan tentu tidak mencukupi. Akan tetapi paling tidak dengan adanya bantuan tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat. Selanjutnya Wabup atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Desa Padang juga kepada jajaran Forpimka Singojuruh, Dinas Pertanian dan Perikanan. Karena sudah secara bersama-sama mendukung dan melaksanakam program Ketahanan Pangan dengan sebaik-sebaiknya.

Sekilas sebagai motivasi kepada masyarakat khususnya petani, Wabup H. Sugirah sedikit bercerita pengalamannya waktu masih jadi anggota DPRD yang membidangi masalah pertanian dan perikanan. Dengan ucapan alhamdulillah Wabup informasikan bahwa berkat sinergi Pemerintah Daerah dengan Legeslatif telah membuat Perda LP2B (Lahan Petanian Pangan Berkelanjutan). Dijelaskan bahwa Perda LP2B dibuat dalam rangka menyambut atau menangkap program Ketahanan Pangan. Sehingga jangan sampai masyarakat Banyuwangi mengalami kekurangan pangan, oleh karena itu payung hukumnya sudah disiapkan termasuk lahan-lahan produktif untuk petanian dijaga.

Karean sebelumnya disinggung oleh Kades Padang bahwa Wakil Bupati Banyuwangi juga ahli di bidang pertanian, maka pada kesempatan itu pula H. Sugirah mempertegas, bahwa dirinya dulu bukan hanya sebagai petani saja tetapi buruh petani. Lalu kalau ada yang bertanya kenapa bisa sukses modalnya apa..? H. Sugirah dengan polosnya mengatakan modalnya hanya tekun dan percaya terhadap kekuasan Tuhan yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang yaitu Allah Swt. H. Sugirah juga beri keyakinan kepada masyarakat Desa Padang untuk tidak takut jadi petani, karena pertanian adalah soko guru dari perekonomian bangsa.

Dipenghujung sambutannya Wabup H. Sugirah sedikit berikan tipe bagaimana menjaga kesuburan tanah yaitu hendaknya memanfaatkan pupuk organik tidak terlalu bergantung kepada pupuk kimea. Usai sambutan secara simbolis Wabup H. Sugirah menyerahkan bantuan Ketahanan Pangan kepada masyarakat diikuti oleh Dinas Pertanian, Forpimka Singojuruh dan Kepala Desa Padang. (r35).

Pos terkait