Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Berikan 112 Sertifikat Halal Gratis di Pendopo Jombang

Kabaroposisi.net | Jombang. Penyerahan sertifikat Halal dan Sosialisasi prospektif Pemegang Sertifikat Halal dalam rangka Hari jadi Kabupaten Jombang ke 112. Ditandai lomba memasak menggunakan kompor induksi sekaligus sosialisasi kompor induksi dan kendaraan listrik. Dihadiri Bupati Jombang, Forkopimda kabupaten Jombang, anggota DPRD Jombang, sekretaris Daerah, sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Jombang, ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Jombang, Manager PT. PLN Mojokerto beserta jajarannya, Camat beserta ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se-kabupaten Jombang, Satgas verifikasi halal Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. Bertempat di Pendopo Kabupaten Jombang. Senin (17/10/2022)

Bupati Jombang Hajjah Mundjidah Wahab ketika sambutan menyampaikan atas nama pemerintah Jombang memberikan apresiasi kepada asisten 2 Perekonomian yang telah melaksanakan sosialisasi dan penyerahan sertifikat produk halal bagi pelaku usaha mikro kecil di Kabupaten Jombang.

“Sertifikat halal yang difasilitasi oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dengan program Sehati yaitu sertifikat halal gratis, ” ujar Mundjidah.

Lanjutnya, karena bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Jombang yang ke 112 maka undangan juga disesuaikan sejumlah 112 orang pelaku usaha dan menerima sertifikat gratis dari Pemkab Jombang.

“Masalah halal merupakan bagian dari perintah agama sehingga pelaksanaannya adalah suatu kewajiban yang bernilai ibadah. Dan produk halal juga baik dikonsumsi oleh seluruh umat manusia yang juga merupakan perintah Agama,” ujarnya

Sementara Pemerintah Kabupaten Jombang berterima kasih kepada lembaga pendamping proses produk halal dari UNDAR, UNIPDU dan karang taruna Kabupaten Jombang yang telah berperan aktif memotivasi para pengusaha mikro kecil yang belum bersertifikat, didampingi untuk mengusulkan izin ber sertifikasi produk halal sampai tuntas.

“Sesuai peraturan Pemerintah tentang sertifikat halal dengan produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha sangat penting dan bisa terwujud dengan baik sehingga sertifikat halal juga terverifikasi pada peningkatan daya saing halal yang dihasilkan pelaku usaha, dan diharapkan pada para pelaku usaha untuk amanah dalam menjalankan menjalankan usaha agar bisa menjaga kualitas kehalalannya, ” terangnya.

Asisten perekonomian pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang Drs.Wignyo Haryono menyampaikan, dalam kesempatan ini melaporkan kegiatan pencerahan penyerahan sertifikat halal bagi pelaku mikro usaha kecil, dan sosialisasi prospektif pemegang sertifikat halal dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kabupaten Jombang 112, kegiatan ini di rangkai sekaligus lomba memasak menggunakan kompor listrik induksi yang diikuti oleh Camat se-kabupaten Jombang dan didampingi oleh tim penggerak PKK Kecamatan.

“Hal ini adalah merupakan kegiatan sosialisasi program Penghematan energi yang yang bekerjasama dengan PT PLN UP3 Mojokerto dengan tujuan memberikan jaminan produk halal untuk kenyamanan keamanan dan keselamatan dan kepastian produk halal bagi masyarakat,” papar Wignyo.

Dalam mengkonsumsi dan menggunakan produk usaha mikro kecil meningkatkan nilai tambah bagi pelaku usaha untuk memproduksi dan menjual produk halal dengan memperkenalkan kompor induksi dari PT PLN UP3 Mojokerto.

“Peserta yang mengikuti untuk kegiatan penyerahan sertifikat produk halal sertifikat halal bagi pelaku usaha mikro kecil terdiri dari LP3H (Lembaga Pendamping Produk Halal) sebagai pemicu dan karang taruna Jombang, serta pelaku usaha mikro sebanyak 112 orang, ” ungkapnya.

Perlu diketahui untuk kegiatan sosialisasi program kompor konvensi diikuti dan bekerja sama dengan UP3 Mojokerto dengan mengadakan lomba memasak dengan menggunakan kompor induksi yang diikuti oleh Camat se kabupaten Jombang bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se kabupaten Jombang. Dengan rincian juara, untuk juara 1 diraih dari kecamatan Wonosalam. Juara 2 dari kecamatan Kabuh, dan juara 3 dari kecamatan Kudu.(tyas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *