Pendopo Desa Cantuk Jadi Pusat Kegiatan Launching Kampung Cerdik se Kecamatan Singojuruh

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Bertempat di Pendopo Kantor Desa Cantuk Senin 13/3/2023, berlangsung kegiatan dalam rangka Launching Inovasi Kampung Cerdik Untuk Peningkatan Efektivitas dan Efisiensi Penanggulangan Penyakit Tidak Menular. Hadir dalam kegiatan tersebut Pemerintah Kecamatan dalam hal ini adalah Sekcam Singojuruh Drs. Anas Sugiarto, para Kepala Desa, para Ka. Satker Pemerintahan se Kecamatan Singojuruh.

Kegiatan yang dikoordinatori oleh UPTD Puskesmas Singojuruh itu, tentu juga melibatkan semua unsur Tim Kesehatan Puskesmas dan seluruh Kader Pos Yandu se Kecamatan Singojuruh. Pada kesempatan yang sama hadirin juga mengikuti zoom meeting bersma Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Kepala Desa Cantuk selaku yang berketempatan Launching Kampung Cerdik untuk 5 Desa yang ada di Kecamatan Singojuruh. Menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kooodinator UPTD Puskesmas Singojuruh. Yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Desa Cantuk, sebagai tempat pusat kegiatan Launching Kampung Cerdik wilayah Kecamatan Singojuruh. Ucapan terima kasih ditujukan juga kepada seluruh unsur perangkat desa yang telah kerja keras membantu dalam rangka memfasilitasi pelaksanaan acara.

Kades H. Masbudi sebutnya luar biasa kerjasama, kolaborasi, dan komunikasi yang selama ini terjalin antara Pemerintah Desa Cantuk dengan Tim Kesehatan Puskesmas Singojuruh. Sehingga setiap ada persoalan yang menyangkut kesehatan masyarakat Desa Cantuk dapat tertangani dengan baik. Kades H. Masbudi sangat berharap apa-apa yang terkandung dalam program Kampung Cerdik dapat berjalan dengan baik sesuai targetnya terutama soal penanganan TBC dan Cegah Stunting.

Berbalas ucapan terima kasih Achmad Kundori selaku Koordinator UPTD Pusesmas Singojuruh untuk Pemerintah Desa Cantuk. Yang telah mendukung, membantu dan bersedia ketempatan untuk terlaksananya kegiatan Lauching Kampung Cerdik. Kundori sedikit kilas balik pada apa yang disampaikan oleh Bupati Banyuwangi melalui Zoom Meating. Terkait tantangan-tantangan yang harus dihadapi baik itu dibidang pembangunan khususnya di bidang kesehatan. Maka hari ini kata Kundori, seluruh Puskesmas sebanyak 45 Puskesmas melaunching Kampung Cerdik. Dan untuk di Kecamatan Singojuruh dilauching  Kampung Cerdik di sebanyak 11 Desa yang ada.

Sedikit pemahaman Achmad Kundori jelaskan apa yang jadi tujuan diluncurkannya program Kampung Cerdik. Jelasnya, “Kampung CERDIK dibentuk untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat Kampung/Dusun/Rukun Warga melalui kegiatan pengendalian penyakit tidak menular yaitu Posbindu PTM, Kawasan Terbatas Merokok dan penerapan pola hidup sehat”. Achmad Kundori juga meminta kepada semua Kader Pos Yandu, setiap ada kegiatan untuk diawali dengan melakukan senam stunting. Tak hanya itu Kundori berpesan kepada ibu-ibu untuk menjauhkan Hp dari anak usia dini karena dampak negatifnya sangat tinggi.

Secara terpisah Drs. Anas Sugiarto (Sekcam Singojuruh) dikonfirmasi awak media terkait dilaunchingnya Kapung Cerdik di 11 Desa se Kecamatan Singojuruh menyampaikan. Bahwa Pemerintah Kecamatan sangat mendukung dan akan mensupport apa yang dilakukan UPTD Puskesmas Singojuruh demi sukses program Kampung Cerdik. Masih kata Anas (Sekcam), tentu setiap program diluncurkan oleh Pemerintah demi kebaikan masyarakat.

Selanjutnya usai acara seremony senagai penanda dilaunchingnya Kampung Cerdik di wilayah Kecamatan Singojuruh. Dilakukan pelepasan balon bersama oleh Sekcam, Kordinator UPTD Puskesmas, Perwakilan Satker terkait, dan sejumalan Kepala Desa yang hadir. Sebelum pelepasan balon, ibu-ibu Kader Pos Yandu dan seluruh Crew Kesehatan Puskesmas Singojuruh lakukan senam Stunting. (r35).

Pos terkait