Tanaman Enceng Gondok Di Babat Habis Tim Bidang Sumber Daya Air

Kabaroposisi.net | Jombang – Penanganan darurat pembersihan enceng gondok oleh tim bidang sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaannya Umum dan Penataan Ruang (PUPR ) di hilir Mojokambang Bandar kedungmulyo UPT PSDA Perak. Kamis (02/03/2023).

Kepala Dinas PUPR Bayu Pancoroadi ketika dikonfirmasikan menyampaikan bahwa perlunya melakukan pembersihan tanaman enceng gondok agar ekosistem sungai tidak rusak.

“Pembersihan tanaman enceng gondok di sungai bertujuan untuk menjaga perkembangan populasi pertumbuhan yang tidak terkendali, sehingga ekosistem alami yang ada di sungai tidak rusak,” ujar Bayu.

Lanjutnya, enceng gondok perlu dibersihkan, enceng gondok mendatangkan kejadian buruk bagi manusia karena bisa menutup danau dan saluran air, menghancurkan ekosistem, dan membahayakan mata pencaharian. 

“Sedangkan dampak negatif dari tanaman enceng gondok adalah pendangkalan rawa, dimana pendangkalan yang terjadi di rawa disebabkan oleh pertumbuhan tanaman enceng gondok yang tidak terkendali. Dan upaya yang telah dilakukan pihak PUPR sendiri adalah dengan mengangkat langsung tanaman enceng gondok dari perairan, ” pungkas Bayu.(sap)

Pos terkait