Olimpiade MIPA dan Kreativitas Siswa Kecamatan Sepulu Sebagai Ajang Meraih Prestasi

BANGKALAN | Kabaroposisi.net – Sebanyak 33 Lembaga Sekolah Dasar (SD) Negeri dan 1 Lembaga Swasta SDIT se-Kecamatan Sepulu mengikuti kegiatan lomba Olimpiade Matematika dan IPA (MIPA) tingkat Kecamatan, rabu (15/3/23).

Olimpiade MIPA tersebut digagas oleh Korwil Bidang Pendidikan dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Sepulu.

M.Fuad Lukman, M.Pd Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan Kecamatan Sepulu mengatakan, Lomba Olimpiade MIPA tersebut sebagai upaya membudayakan siswa semakin giat belajar untuk berkompetitif menjadi siswa terbaik.

Selain itu, Olimpiade MIPA sebagai upaya dalam menjaring siswa berprestasi untuk menghadapi kejuaraan lomba ditingkat Kabupaten.

“Ini merupakan barometer bagi siswa dan sekolah untuk meraih prestasi dalam ajang lomba tersebut.

“Dan juga bagi guru, ini adalah bagian dari evaluasi dalam membina dan mengembangkan metode serta model pembelajaran yang digunakan di sekolah masing-masing,” kata Fuad sapaan akrabnya.

Dikatakan Fuad, lanjutnya, pada kegiatan kali ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, yakni dengan menggunakan google form agar siswa terbiasa menggunakan perangkat leptop atau Hendpon sebagai salah satu sarana pembelajaran.

“Jika sudah terbiasa menggunakan elektronik maka gurunya pun dituntut untuk selalu berinovasi dalam mengelola pembelajaran di kelas,” Jelasnya.

Sementara itu, Taifur Hamdi, S.Ag ketua panitia lomba berharap dalam kegiatan ini nantinya dapat muncul bibit-bibit prestasi yang bisa mewakili Kecamatan Sepulu pada lomba tingkat Kabupaten Bangkalan.

“Setelah terpilih, akan menjadi wakil duta dari Kecamatan Sepulu, tentunya juga nanti dilakukan pembinaan dan pengembangan materi sehingga anak didik kita siap untuk bertanding ditingkat kabupaten, syukur-syukur nanti juga bisa mewakili ke tingkat Provinsi,” Ungkapnya.

Adapun jenis lomba MIPA yang digelar ialah, Pidato, Puisi, Tari, Pantomin, Cergam, Membatik, Mengenyam dan Mendongeng. (Sul)

Pos terkait