Safari Ramadhan Pemdes Singolatren Sinergi Dengan Ranting NU dan GP Ansor

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Bertempat di Masjid Baiturrohman Dusun Wijenan Lor Rabu malam 29/3/2023 Pemerintah Desa Singolatren Kecamatan Singojuruh. Sinergi dengan jajaran Pengurus Ranting NU dan GP Ansor, laksanakan Safari Ramadhan. Safari Ramadhan di Masjid ini sudah yang ke tiga kalinya setelah di dua Dusun lain sebelumnya.

Terlibat dalam kegiatan Safari Ramadhan Pemerintah Desa Singolatren unsur Tiga Pilar antara lain Aiptu Didik Sudarmanto, SH (Kanit Binmas), Sertu Ahmad Nizar (Babinsa), jajaran Pengurus NU Ranting Singolatren Hamdawi dkk, GP Ansor Ranting NU Singolatren, dan semua unsur Perangkat Desa dan Kepala Dusun se Desa Singolatren.

Ustad Mangsur atas nama jajaran Pengurus Takmir dan masyarakat Dusun Wijenan Lor mengucapkan selamat datang pada rombongan Safari Ramadhan Pemerintah Desa Singolatren. Ustad Mangsur berharap masyarakat Dusun Wijenan Lor lebih meningkat kualitas dan kuantitas dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

Apandi Kepala Desa Singolatren apresiasi atas antusias masyarakat Dusun Wijenan Lor menerima kehadiran rombongan Safari Ramadhan Pemerintah Desa Singolatren.

Dalam kesempatan tersebut, Apandi berpesan agar masyarakat Dusun Wijenan Lor memanfaatkan moment Ramadhan untuk memperbanyak ibadah kepada Allah Swt. Karena jelasnya, bulan suci Ramadhan selain bulan yang penuh berkah dan pengampunan, adalah suatu bulan yang mana Allah Swt masih membuka pintu taubat dan pengharapan kepada makhluknya.

Kades Apandi juga mewanti-mewanti agar masyarakat senantiasa menjaga kerukunan baik sesama muslim maupun non muslim. Tegasnya, hindari segala ucapan-ucapan yang berbau profokasi dan fitnah serta adu domba terlebih memasuki tahun-tahun politik.

Ia juga menghimbau jangan hanya karena berbeda keyakinan politiknya mengorbankan kerukunan antar sesama. Pertahankan ukhuwah islamiyah dan senantiasa memperkuat aqidah yaitu tetap berada di jalur ajaran Ahlus Sunnah Wal Jama’ah di bawah bendera Nahdlatul Ulama’ (NU).

Kabar gembiranya dari Kades Apandi, karena di Dusun Wijenan Lor setiap hari 7 hari ada kegiatan adat religi “Kupat Sewu”. Melalui moment itu juga Kades Apandi menyatakan mensupport dan atas nama Pemerintah Desa dukung dana sebesar 7 juta rupiah untuk penyelenggaraan adat religi “Kupat Sewu” Dusun Wijenan Lor.

Aiptu Didik Sudarmanto, SH selaku Kanit Binmas Polsek Singojuruh dalam pesan Kamtibmasnya menyampaikan apa yang menjadi himbauan Kapolresta Banyuwangi. Yang pertama pastikan anak-anak kita pada jam : 22:00 WIB sudah ada dirumah. Jadikan moment Ramadhan sebagai ladang ibadah untuk cari pahala bukan jadi ladang cari bahaya.

Selain itu, tentang anak- anak Kanit Binmas meminta agar para orang tua jaga anak-anaknya hanya demi konten untuk tidak ikut-ikutan melakukan kegiatan perang sarung apalagi melibatkan anak-anak di bawah umur, jaga anak-anak kita untuk tidak jadi pelaku atau korban pelecehan seksual, jaga anak-anak kita dari miras, jangan jadikan moment hari raya untuk berjudi, dan usahakan tidak main petasan karena bahayanya besar.

Selanjutnya diakhir acara Kepala Desa Singolatren Apandi memberikan cindera mata kepada jajaran Pengurus Takmir Masjid Baiturrohman Dusun Wijenan Lor. Cindera mata diterimakan kepada Ustad Mangsur Ketua Takmir Masid Baiturrohman. (r35).

Pos terkait