Peringati Hari Lanjut Usia Nasional Dinas Kesehatan Gelar Seminar Di Pendopo Jombang

Kabaroposisi.net | Jombang – Dinas Kesehatan kabupaten Jombang gelar seminar memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 27 dengan mengatakan tema Nasional Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat.

Tampak hadir Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, Wakil Bupati Jombang Sumrambah, Asisten 1 Purwanto, Kepala Dinas Kesehatan Budi Nugroho dan OPD terkait lingkup Pemkab Jombang, segenap Camat se Kabupaten Jombang, Kepala RSU sekabupaten Jombang, kepala Puskesmas se kabupaten Jombang, dan segenap Ormas Aisyiyah serta muslimat. Bertempat di pendopo kabupaten Jombang. Selasa (13/6/2023)

Bupati Mundjidah Wahab mengajak para undangan dan lansia yang hadir untuk senantiasa bersyukur atas nikmat yang ada, serta lebih mendekatkan diri kepada Alloh SWT.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Jombang, Saya mengucapkan selamat Hari Lansia Nasional ke 27 tahun 2023 yang mengusung tema “Lansia Terawat Indonesia Bermartabat”. Kegiatan ini merupakan wujud apresiasi atas semangat serta peran penting dan strategi para lansia di Kabupaten Jombang dalam kiprahnya mengisi pembangunan dan turut berkontribusi dalam kemajuan Kabupaten Jombang, “tutur Bupati. 

Lanjutnya, Bupati meminta pelayanan kesehatan kepada lansia dilakukan mulai dari tingkat terkecil yakni keluarga. Pelayanan kesehatan dari masyarakat melalui posyandu lansia/posbindu, dan pelayanan di sarana pelayanan kesehatan dasar dengan mengembangkan puskesmas yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan santun lansia serta pelayanan rujukannya yaitu penyelenggaraan pelayanan geriatri terpadu di rumah sakit.

“Melalui peringatan Hari Lanjut Usia ke -27 saya berharap dapat meningkatkan pemberdayaan, kepedulian dan edukasi baik keluarga dan masyarakat dalam upaya kesehatan lansia di seluruh Indonesia, khususnya di Kabupaten Jombang” tuturnya.

Selain itu Bupati juga mengajak para Lansia tetap bersemangat untuk terus berdaya guna bagi diri dan keluarga. Meningkatkan hubungan sosial yang baik, semakin bertaqwa kepada Tuhan. Rutin memeriksakan kesehatan untuk datangnya penyakit. Mengembangkan hobby sesuai kemampuan. Badan sehat, jiwa kuat, sambut masa tua bahagia.

“Mari kita bersama sama untuk mewujudkan Lansia yang Sehat, Aktif, Mandiri dan Produktif, ” tandasnya.

Ditempat sama, DR. Astrina Yulda dan Evita Djaman selaku narasumber memberikan materi upaya lansia raih kebahagiaan dan cegah Demensia.

“Upaya Lansia Raih Kebahagiaan dan Cegah Demensia yakni dengan cara merawat dan merangsang otak, “jelasnya.

Selain memberikan wawasan secara teori, peserta juga diajak langsung memperagakan gerakan-gerakan yang merangsang otak. Yakni gerakan gerakan unik agar kemampuan otak kanan dan otak kiri dapat bekerja secara seimbang, sehingga oksigen yang menuju ke otak serta peredaran darah di otak dapat berjalan lancar. Para narasumber juga menekankan bahwa Lansia harus SMART (Sehat Mandiri Aktif Rajin Taat).(sap)

Pos terkait