DPMD Jombang Selenggarakan Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Karang Taruna

Kabaroposisi.net | Jombang – Penguatan Kelembagaan dan Peningkatan Kapasitas Pengurus Karang Taruna Desa/Kelurahan Kabupaten Jombang. Dihadiri Kepala DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Kabupaten Jombang Sholahudin Hadi Sucipto, Ketua Karang Taruna Kabupaten Jombang Junita Erma Zakiyah dan segenap perwakilan pengurus Karang Taruna se Kabupaten Jombang. Bertempat di Ruang Bung Tomo Pemerintah Kabupaten Jombang. Selasa (04/07/2023)

Kepala (DPMD) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Sholahudin Hadi Sucipto ketika diwawancarai mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan Karang Taruna dan memberdayakan kembali Karang Taruna.

“Mampu memberdayakan dari sisi kelembagaan, ekonomi, dan lainnya. Apalagi, karang taruna merupakan salah satu pengabdi di Dinas Sosial. Sehingga, ke depan terkait pendataan dan penanganan batas maksimum kepemilikan saham PMKS (Penyandang Masyarakat Kesejahteraan Sosial) dapat berjalan,” ujar Sholahudin.

Di tempat sama, Ketua Karang Taruna Kabupaten Jombang, Junita Erma Zakiyah ketika diwawancarai menyampaikan, kegiatan peningkatan kapasitas Karang Taruna ini diselenggarakan oleh DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa). Kegiatan ini merupakan salah satu usaha untuk penguatan struktur Karang Taruna se-Kabupaten Jombang.

“Capaian-capaian Karang Taruna Kabupaten Jombang yang bisa dijadikan motivasi bagi para Karang Taruna tingkat desa. Capaian tersebut diantaranya, terbentuknya Karang Taruna tingkat kecamatan lengkap dengan kepengurusannya, restrukturisasi (meningkatkan efisiensi dan produktivitas) Karang Taruna desa menyesuaikan dengan aturan yang berlaku (AD-ART),” jelasnya.

Selain itu, Karang Taruna Kabupaten Jombang bekerjasama dengan Universitas Darul’ Ulum Jombang dalam program beasiswa untuk anggota Karang Taruna yang kesulitan biaya kuliah S1, diselenggarakannya kejuaraan bola voli antar Karang Taruna kecamatan merebutkan piala Bupati Jombang pada tanggal 15-20 Juni 2022 di GOR Merdeka Jombang serta Karang Taruna Kabupaten Jombang mendampingi 112 UMKM dalam pendaftaran sertifikat produksi halal yang bertepatan dengan Hari Jadi 112 Pemkab Jombang.

“Kita terus berpikir dan terus berinovasi untuk membuat kegiatan- kegiatan baru untuk karang taruna. Tidak hanya tentang olahraga tapi juga bidang-bidang yang lain,” ujarnya.

Junita memberikan motivasi untuk karang taruna. Isinya, generasi muda harus bisa bermanfaat untuk masyarakat. Jadi, tidak menjadi generasi rebahan dan generasi yang hanya diam di rumah.

“Karena banyak hal yang bisa dikerjakan supaya karang taruna tetap bermanfaat di tengah-tengah masyarakat. Kegiatan ini juga banyak mendapat masukan dan banyak ide-ide dari kawan-kawan karang taruna. Harapan kami, karang taruna harus bisa berkembang, bisa bermanfaat di semua tingkatan masyarakat baik itu di kabupaten, kecamatan sampai tingkat desa,” pungkasnya.(sap)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *