Masyarakat Desa Mangir Sampaikan Aspirasi Kepada Pimpinan DPRD Banyuwangi

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Bertempat di Dusun Sumbersari Desa Mangir Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi Minggu 09/07/2023. Berlangsung acara serap aspirasi Petani oleh salah satu Pimpinan DPRD Banyuwangi dari Partai Demokrat Michael Edy Hariyanto, SH., MH. Hadir dan mengikuti acara serap aspirasi ini sekira 300 orang petani dan masyarakat Dusun Sumbersari Desa Mangir.

Akhir-akhir ini Pimpinan DPRD Banyuwangi yang satu ini (Michael) kerap menjadi pilihan alternatif masyarakat dari berbagai komunitas untuk jadi tempat mengeluh sampaikan aspirasinya. Tentu petani dan masyarakat Mangir punya alasan sendiri kenapa merasa lebih nyaman menyampaikan aspirasi kepada Michael Edy Hariyanto.

Sekdes Mangir Monali mewakili kehadiran Kepala Desa dalam sambutannya atas nama Pemerintah Desa menyampaikan ucapan terima kasih atas digelarnya acara serap aspirasi kepada masyarakat di Dusun Sumbersari Desa Mangir. Diakui oleh Pemdes Mangir melalui Sekdes Monali bahwa banyak infrastruktur yang dibangun melalui jaring aspirasi Partai Demokrat di Desa Mangir.

Michael Edy Hariyanto selaku Pimpinan DPRD dalam sambutannya sampaikan dirinya hadir bertemu dengan masyarakat Dusun Sumbersari Desa Mangir melaksanakan tugas pokoknya sebagai anggota DPR yaitu menyerap aspirasi. Menggaris bawahi apa yang disampaikan oleh Sekdes Monali, Michael membenarkan banyak bantuan bangunan infrastruktur yang sudah diturunkan di Desa Mangir melalui jaring aspirasi kader partainya.

“Saya selaku anggota dan juga selaku salah satu Pimpinan DPR wajib bertemu dan serap aspirasi masyarakat tidak memandang apakah masyarakat Sumbersari memilih Demokrat atau tidak. Saya sekarang ini sudah jadi kulinya rakyat manfaatkan saya, saya siap memperjuangkan aspirasi masyarakat tanpa syarat harus dukung Demokrat, karena ini sudah jadi kewajiban saya selaku anggota atau Pimpinan DPR”, lontarnya.

Pada serap aspirasi beberapa perwakilan masyarakat Dusun Sumbersari dengan leluasa menyampaikan keinginannya. Diantaranya minta perbaikan jalan sepanjang (Pavingisasi), pengadaan Lampu Penerangan Jalan (LPJ), perbaikan jembatan. Perwakilan dari Petani sampaikan keluhan suiltnya pupuk, perwakilan ibu-ibu minta bagaimana ada kegiatan usaha.

Merespon apa yang disampaikan oleh masyarakat Sumbersari, tanpa berfikir panjang Michael mengamini alias mengabulkan apa yang jadi keinginannya. Mendengar jawaban Michael, masyarakat Dusun Sumbersari sontak teriak girang dan tepuk tangan ketika apa yang jadi keinginannya dipenuhi. Dan Michael berjanji apa yang jadi aspirasi masyarakat Sumbersari terpenuhi pada bulan 10 tahun 2023 paling akhir tahun 2024.

Soal Petani kesulitan pupuk Michael jelaskan bahwa persoalan yang sama terjadi di tidak hanya di Banyuwangi saja, melainkan terjadi juga di Kabupaten lain. Menurut Michael kelangkaan pupuk hanya kebijakan Pemerintah yang jadi solusinya. Dirinya selaku anggota DPR sudah menyampaikan apa yang jadi persoalan Petani, selebihnya adalah bagaiamana Pemerintah mersepon keluhan kelangkaan pupuk itu. Michael juga memahami bahwa kebutuhan Petani per 1 hektarnya 4 Kwintal sementara Pemerintah hanya beri subsidi 175 Kg. Sementara petani tidak memahami kalau subsidi yang diberikan tidak sesuai kebutuhan petani.

Khususnya kepada para Petani Michael menyarankan untuk tidak ketergantungan pada pupuk kimia untuk meningkatkan hasil produksi. Kebanyakan Petani keluhkan harga padi yang murah biaya produksi yag mahal. Michaem sarankan petani untuk tidak terlalu menuntut harga tapi lebih fokus pada bagaiamana caranya meningkatkan hasil produksi tani. Harga mahal tapi hasil produksinya rendah penghasilannya juga tidak memuaskan karena biayanya mahal. Akan tetapi kalau hasil produksinya bagus meski harga murah petani masih bisa mendapatkan keuntungan. Solusinya untuk bisa meningkatkan hasil produksi, menurut Michael Petani belajar budayakan pakai pupuk organik, karena selain murah juga untuk menhembalikan kesuburan tanah.

Seperti biasa Michael sisipkan pendidikan politik kepada masyarakat Dusun Sumbersari seperti yang dilakukan di tempat-tempat lainnya. Michael paparkan betapa pentingnya masyarakat tahu dan mengerti tentang politik. Karena dengan tahu dan mengerti apa itu politik masyarakat akan tahu apa manfaat dari politik. Sehingga ke depan harapan Michael masyarakat tidak main-main dengan politik.

Secara terpisah dikokfirmasi Micael kepada awak media menyampaikan maksut kehadirannnya bertemu masyarakat Dusun Sumbersari Desa Mangir.

“Saya masuk ke sini karena saya ingin masyarakat berubah, saya juga tidak memilih apakah di sini basisnya partai apa saya tidak peduli karena saya sebagai wakil rakyat apalagi sebagai pimpinan DPR tugasnya adalah melayani semua rakyat tidak tebang pilih. Saya ingin menggerakkan ekonomi masyarakat, bangunan-bangunan penting tapi yang tak kalah penting adalah kesejahteraan masyarakatnya. Selain itu saya harus menyampaikan kepada masyarakat tentang apa itu politik, agar masyarakat tahu manfaat politik tidak hanya tahu politik setiap tahun ada Pemilu saja. Sehingga ke depan masyarakat akan lebih hati-hati memilih calon DPR dari partai manapun silahkan, tidak memilih calon dari Demokrat pun tidak apa asal yang baik dan benar mau mengabdikan diri kepada rakyat”, ungkapnya.

Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat Michael Edy Hariyanto bagikan ratusan paket beras. Yang mana hal tersebut menurut Michael dilakukan karena melaksanakan instruksi Ketua Umum nya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), bahwa Partai Demokrat harus peka, peduli dan memberi manfaat kepada masyarakat. (ktb).

Pos terkait