Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Resmikan Rumah Sakit Hasyim Asy’ari Di Kabupaten Jombang 

Kabaroposisi.net | Jombang – Hadir Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa, Bupati Jombang diwakili Asisten 1 Pemerintahan Pemkab Jombang Purwanto, Hj. Farida Salahuddin Wahid (Istri almarhum Salahuddin Wahid) inisiator Rumah Sakit Hasyim Asy’ari, Kyai haji Abdul Hakim Mahfudz, segenap jajaran OPD Provinsi Jawa Timur, ketua pengurus yayasan dompet dhuafa Republika Ahmad Riyadi, ketua yayasan Rumah sehat terpadu Dompet Dhuafa, inisiator dan ketua dewan Pembina Dompet Dhuafa, Parni Hadi, Wakapolres Harry Kurniawan, Forkompincam kecamatan Diwek, segenap kepala Desa se kecamatan Diwek, kepala Puskesmas se kecamatan Diwek, serta donatur RSHA dari mitra perusahaan dan lembaga serta donatur individu. Bertempat dihalaman RS Hasyim Asy’ari Dompet Dhuafa Tebuireng Jombang. Selasa (8/8/2023).

Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan RS Hasyim Asy’ari ini berawal dari ide besar yang diinisiasi oleh almarhum Salahuddin Wahid bersama donatur dan para Eksportir karena dibutuhkan pemikiran yang strategis sehingga bisa berdirinya RS Hasyim Asy’ari.

“Sesungguhnya kunci satu kolaborasi merupakan ide besar yang diinisiasi oleh almarhum Salahuddin Wahid bertemu dengan banyak donatur dan para Eksportir karena di sini butuh banyak pemikiran strategis dan akhirnya hari ini bersama-sama kita hadir memberikan doa khidmat pada Peresmian Rumah Sakit Hasyim Asy’ari. Disini saya hadir bersama Direktur utama Rumah Sakit Dr Soetomo dan Rumah sakit Jiwa Menur,” tutur Gubernur Khofifah.

Lanjutnya,ini adalah bagian dari proses kemungkinan agresi bisa kita bangun secara lebih strategis ke depan dengan RS Dr.Sutomo, dimana RS Dr. Sutomo adalah terbesar di Indonesia.

“Kita berharap bahwa proses kolaborasi antara RS Hasyim Asy’ari bisa dibangun saat ini dimana RS Dr. Sutomo merupakan rujukan yang tepat karena jenis alat kesehatan dan dokter spesialis yang sangat lengkap.

“Semakin banyak Rumah sakit makin kita bisa mendekatkan pelayanan, mempercepat, mempermudah sehingga bisa menyapa masyarakat terutama masyarakat kurang mampu yang belum bisa di cover BPJS,” terangnya.

Ditempat sama Ketua Dewan Pembina Dompet Dhuafa, Parni Hadi menyampaikan, semua pihak berperan penting dalam mewujudkan RSHA ini menjadi kenyataan (a dream come true). Mewujudkan fasilitas kesehatan bagi masyarakat umum, khususnya kaum dhuafa. Sebab, setiap individu, keluarga dan masyarakat berhak mendapatkan perlindungan terhadap kesehatan.

“ Tidak semua bisa menikmati akses pelayanan kesehatan khususnya kaum Dhuafa yang terkadang menemui berbagai kendala untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan secara paripurna. Mari kita wujudkan pelayanan yang nyaman dan menyehatkan masyarakat,”

Banyak pihak yang ingin bekerja sama dengan Dompet Dhuafa. Namun, Dompet Dhuafa memilih bekerjasama dengan Pondok Pesantren Tebuireng. Kerjasama ini, menyangkut kerjasama sosial, kerjasama intelektual, kultural dan spiritual, imbuhnya.

“ Saya ingin, sehat jasmani, sehat rohani dan sehat kantong. Banyak orang sakit yang setelah melakukan perawatan di rumah sakit menjadi miskin. Kita berdayakan pasien untuk bisa mandiri dengan memberikan peralatan dan fasilitas yang memadai. Dompet Dhuafa juga memiliki dapur sehat, sehingga RSHA ini bisa melayani kepentingan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng KH. Abdul Hakim Mahfudz dalam sambutannya menyampaikan, RSHA merupakan salah satu bentuk kerjasama antara Pondok Pesantren Tebuireng dengan Dompet Dhuafa Terlebih lagi, Dompet Dhuafa sudah memiliki beberapa rumah sakit salah satunya rumah sakit ke-7 yakni Rumah Sakit Hasyim Asy’ari.

” Awal tahun 2023 pembangunan rumah sakit ini sudah selesai dan dilanjut melengkapi peralatan medis lainnya. Semoga melalui rumah sakit Hasyim Asy’ari ini bisa berkhidmat pada masyarakat dalam bidang kesehatan. Saya yakin rumah sakit ini siap beroperasi dengan tenaga kerja medis yang profesional sehingga bisa menjadi rujukan rumah sakit di berbagai daerah dan bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya. (sap)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *