Kirab Budaya Desa Sragi HUT RI Ke – 78, Pak Lurah Bu Lurah Tampil Bak Pengantin Baru

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Jalan raya dari arah Desa Songgon dan Desa Gendoh menuju Desa Sragi untuk sementara waktu dilakukan rekayasa pengalihan akses. Hal tersebut dilakukan karena pada Selasa 15/8/2023 sekira Pukul : 08:00 s/d 23:00 WIB, Panitia Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke – 78  Desa Sragi Kecamatan Songgon gelar acara “Kirab Budaya” atau sebutan lainnya “Karnaval”.

Terlibat dalam kegiatan “Kirab Budaya” tersebut unsur Pemerintahan Desa tanpa terkecuali, lembaga-lembaga pendidikan mulai dari tingkat TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan masyarakat umum. Antusias masyarakat Desa Sragi dibawah kepemimpinan Kepala Desa Hartono, SH merayakan HUT Kemerdekaan RI Ke – 78 bisa dibilang luar biasa.

Bacaan Lainnya

Ragam kostum budaya lokal, Banyuwangi Etnik Carnival (BEC), instromen kesenian daerah, dan ragam potret peradaban bangsa ditampilkan oleh peserta “Kirab Budaya” Desa Sragi kali ini. Tak mau kalah semangat dengan masyrakatnya, Kepala Desa Sragi Hartono, SH beserta istri ikut tampil dengan dandanan ala Kraton yang sekilas juga terlihat seperti sepasang “Pengantin Baru”.

“Alhamdulillah warga Sragi hari ini bisa melaksanakan Kirab Budaya atau Karnaval merayakan HUT RI Ke – 78 ini, dengan begitu antusiasnya. Mungkin ini adalah tumpahan kerinduan masyarakat karena Covid 19 selama hampir 3 tahun tidak ada kegiatan-kegiatan yang berbau hiburan bagi masyarakat. Saya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya kegiatan ini. Terutama kepada seluruh warga Sragi, saya ucapkan terima kasih masih guyub dan kompak bersama kami merayakan HUT Kemerdekaan ini”, tutur Hartono saat ditemui panggung kehormatan Panitia.

Berada dalam satu regu bersama Pak Lurah dan Bu Lurah adalah unsur Perangkat, Staf dan BPD Sragi dengan kostum ala pembesar dan punggawa Kraton. Sebagai simbol kebesaran budaya bumi Blambangan Banyuwangi berada pada barisan terdepan Penari Gandrung yang sesekali unjuk kebolehan hibur masyarakat yang berada di kanan kiri bibir jalan sepanjang rute Kirab.

Kirab Budaya/Karnaval yang digelar oleh Panitia HUT RI Ke – 78 Desa Sragi tak hanya jadi sebuah tontonan belaka, namun juga jadi lahan kais rejeki bagi UMKM dan para Pedagang Kaki Lima (PKL) setempat. Di beberapa tempat tertentu mulai dari sekitar Start pemberangkatan di Dusun Pertapan sampai Finish di Jeongmara Dusun Watugowok. (r35).

Pos terkait