Dinas Pendidikan Bangkalan Bersama DP Menggelar Sosialisasi Pembinaan Dan Penguatan Terkait Tupoksi Komite Sekolah

BANGKALAN | Kabaroposisi.net – Tiga Kecamatan di wilayah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, berkolaborasi untuk mengikuti sosialisasi pembinaan dan penguatan terkait dengan tupoksi (tugas, pokok dan fungsi) komite sekolah, yang di gelar oleh Dinas Pendidikan bersama dengan Dewan Pendidikan setempat. Selasa (29/08/2023).

Kegiatan yang bertempat di Aula gedung UPTD SMP Negeri 1 Tanah merah ini diikuti oleh tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Burneh, Kecamatan Tanah Merah dan Kecamatan Galis, dengan masing-masing kecamatan membawa perwakilan sebanyak 22 Kepala Sekolah dan 22 Komite Sekolah.

Turut hadir dalam giat acara yang diikuti ratusan peserta Tersebut, Ketua Dewan Pendidikan , Kepala Bidang SD, Kepala Bidang Tendik, Korwil Kecamatan Burneh dan Korwil Kecamatan Galis.

Kegiatan ini nantinya akan melibatkan semua kepala sekolah dan Komite sekolah Se-kabupaten Bangkalan baik dari jenjang SD maupun jenjang SMP.

“Ini ada enam tahapan, tahapan pertama memang disesuaikan dengan wilayah misalnya zona satu inikan ada dua, hari pertama itu SD, SMP di Arosbaya, kemudian Bangkalan dan Socah, dilanjutkan hari ini itu Burneh, Tanah Merah dan Galis, sampai enam titik nantinya,” ucap ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Bangkalan Abdullah saat ditemui usai kegiatan.

Selanjutnya kegiatan serupa akan digelar secara bergilir pada enam titik yang sudah ditentukan, menurut Abdullah adanya kegiatan ini merupakan upayanya untuk mengikutsertakan peran aktif masyarakat terkait dengan mutu pendidikan yang ada di Kabupaten Bangkalan.

Terlebih selama ini menurutnya peran komite hanya formalitas semata, dari situ ia memaparkan tugas dan tupoksi komite yang semestinya dijalankan.

“Kita miris terkait dengan peran serta masyarakat selama ini kan tidak ada, agar peran dan fungsinya supaya jalan kalau selama ini kan kalau diperlukan baru minta tanda tangan komite, pengelolaan-pengelolaan dana BOS juga bisa diawasi oleh komite supaya tepat sasaran,” tuturnya.

Abdullah berharap denga adanya kegiatan ini dapat memberikan perubahan besar bagi mutu pendidikan di wilayah Bangkalan.

“Dengan adanya peningkatan peran dan fungsi komite ini bisa memperbaiki pendidikan di kabupaten Bangkalan, ranking kita ini no.37 dari 38 kabupaten kota se-Jawa Timur, paling tidak bisa naik lah dengan peran serta masyarakat ini,” ungkapnya.

Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Tanah Merah, Sri Panemu menyampaikan bahwa materi pembahasan pada kegiatan ini memang difokuskan pada tupoksi komite terhadap kemajuan suatu lembaga sekolah.

“Untuk kedepannya mudah-mudahan komite dan kepala sekolah bisa saling bersinergi untuk menjadikan anak-anak muda bangsa ini menjadi aktif, kreatif dan inovatif,” terangnya.

Ditemui dilokasi yang sama Korwil bidang pendidikan Kecamatan Galis Khotibul Umam, mengapresiasi kegiatan tersebut menurutnya kegiatan seperti ini memang perlu diselenggarakan agar komite dan kepala sekolah bisa lebih bersinergi dalam mendukung kemajuan pendidikan disekolah.

“Setelah pertemuan ini saya berharap komite dan kepala sekolah bisa berkomunikasi, berkoordinasi dan saling mendukung tentang segala hal demi kemajuan sekolah,” kata Khotibul Umam.

Senada dengan Khotibul Umam, Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Burneh, Jasuli menyampaikan kesetujuannya terkait adanya peran penting komite sekolah dalam membangun mutu pendidikan di wilayahnya.

“Artinya komite sekolah dan kepala sekolah harus bisa saling bersinergi untuk kemajuan lembaga itu,” ujarnya.(fin)

Pos terkait