Guna Mengetahui Tumbuh Kembang Balita, Pemerintah Desa Ringinpitu Rutin Adakan Posyandu Balita

Kabaroposisi.net | Tulungagung – Pemerintah Desa Ringinpitu, Kecamatan Kedungwaru, Tulungagung rutin adakan kegiatan Posyandu Balita. Kegiatan Posyandu Balita tersebut diadakan rutin tiap bulan bertujuan guna mengetahui tumbuh kembang anak anak balita warga masyarakat desa Ringin Pitu. Adapun kegiatan Posyandu merupakan bentuk peran serta masyarakat di bidang kesehatan yang dikelola oleh kader dengan sasaran seluruh anggota masyarakat desa. Dalam perkembangannya untuk meningkatkan kualitas posyandu, kegiatan diintegrasikan dengan program pengembangan Dini (PAUD) dan Bina Keluarga Balita (BKB) yang disebut sebagai taman posyandu. Posyandu adalah salah satu jenis upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang mempunyai daya ungkit besar terhadap penurunan angka kematian bayi. Posyandu Balita diselenggarakan oleh kader masyarakat yang sudah terlatih di bidang kesehatan dan dilaksanakan satu bulan sekali sera dibantu oleh tenaga kesehatan dalam hal ini Bidan Desa.

Jumat ( 13/9/2023 ) Pemerintah desa Ringinpitu mengadakan Posyandu Balita rutin bertempat di Balai Desa Ringinpitu. Adapun kegiatan Posyandu tersebut yaitu pemberian vitamin, menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan, mengukur lingkar kepala, pemberian makanan bergizi serta imunisasi pada anak balita. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tumbuh kembang pada balita setiap bulannya.

Kepala desa Ringinpitu, Suwito mengatakan dengan adanya kegiatan posyandu kesehatan balita kita akan lebih bisa memperhatikan dan memantau kesehatan dan tumbuh kembang anak. “Posyandu penting untuk memantau daya tumbuh balita, selain itu posyandu juga dapat mencegah stunting”, jelas Wito .

Adapun posyandu balita tersebut yang hadir ada 55 Balita dan untuk Desa Ringin pitu ada 7 pos untuk kegiatan Posyandu salah satunya bertempat di Balai desa Ringinpitu.

Ditemui setelah kegiatan Posyandu, Dede selaku Bidan Desa yang hadir menghimbau kepada masyarakat yang memiliki anak balita supaya secara rutin mengikuti kegiatan posyandu . “Saya berharap seluruh masyarakat yang mempunyai balita untuk bisa ikut secara rutin kegiatan Posyandu agar perkembangan balita sesuai dengan yang kita harapkan, selain itu apabila ada keluhan balita bisa diketahui sejak dini”, tutup Dede.

Kegiatan Posyandu yang dilaksanakan pada pagi hari tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Desa Ringinpitu terhadap kesehatan masyarakat Desa Ringin pitu. ( yd )

Pos terkait