Tahap 1 Siesen 2 Sebanyak 500 Warga Sragi Terima Sertifikat Melalui Program PTSL

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Pemerintah Desa Sragi Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi tahun 2023 ini mengikuti program sertfikasi melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Banyuwangi. Adapun Pemerintah Desa Sragi mohonkan sertifikasi sebanyak 3200 bidang lahan warganya.

Informasi yang didapat awak media, dari sebanyak 3200 bidang yang dimohonkan sudah selesai/tercetak Tahap 1 sebanyak 1775 lembar Sertifikat. Yang mana dari 1775 sertifikat yang sudah jadi diserahkan kepada warga Sragi siesen pertama sebanyak 775 lembar sertifikat beberapa waktu lalu. Dan hari ini selasa 17/10/2023 adalah siesen ke dua BPN Banyuwangi serahkan sertifikat PTSL sebanyak 500 lembar sertifikat.

Pantauan awak media terlihat suasana kegembiraan dirasakan oleh warga Desa Sragi hadiri undangan Pemerintah Desa untuk pengambilan Sertifikat PTSL dari BPN Banyuwangi. Sebagaimana diketahui bahwa program Sertifikasi melalui PTSL diajukan oleh Pemerintah Desa Sragi dalam hal ini adalah Hartono selaku Kepala Desanya. Artinya sampai per hari ini sudah sebanyak 1275 lembar sertifiat yang diterimakan kepada warga Sragi oleh BPN Banyuwangi.

Untuk proses penyerahan sertifikat PTSL Tahap 1 siesen ke dua ini dilakukan oleh Plt. Kepala Desa Sragi Gunawan didampingi Serka Suhartono (Babinsa Sragi). Sementara dari BPN Banyuwngi hadir Wiyoso, SH., M.Hum., M.Kn Ketua Adjudikasi Tim : 1 PTSL BPN Banyuwangi bersama beberapa Timnya.

Sebelum dilakukan penyerahan sertifikat selaku Plt. Kepala Desa Sragi Gunawan sampaiman beberapa hal kepada 500 warga yang akan menerima sertifikat PTSL. Gunawan jelaskan bahwa sertifikat yang akan diserahkan hari ini adalah sebanyak 500 sertifikat siesen ke dua setelah penyerahan siesen pertama sebanyak 775 sertifikat pada beberapa waktu lalu. Gunawan juga berharap agar warga tidak khawatir sertifikatnya tidak jadi, semua permohonan sertifikat yang diajukan ke BPN sebanyak 3200 pasti jadi semua.

Gunawan juga informasikan kalau masih ada warga yang ingin mendaftar untuk ajukan pembuatan sertifikat melalui PTSL masih ada kesempatan. Karena Desa Sragi oleh BPN Banyuwangi masih diberi peluang untuk menambah kuota pengajuan sertifikat melalui program PTSL. Serka Suhartono (Babinsa) dalam kata sambutannya berharap kepada warga yang sudah terima sertifikat untuk menyimpannya dengan baik, tidak hilang, dan tidak sembarangan dipinjamkan kepada orang lain. Karena sebentar lagi Desa Sragi akan gelar Pilkades, melalui kesempatan tersebut Serka Suhartono himbau masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan meski beda pilihan.

Wiyoso, SH.,M.Hum.,M.Kn selaku Ketua Adjudikasi Tim : 1 PTSL BPN Banyuwangi senada dengan penyampaian sebelumnya. Warga yang sudah terima sertifikat diminta untuk disimpan dan dijaga dengan baik, tidak dipinjamkan kepada orang lain, dan kalau memang karena kebutuhan diagunkan pinjaman ke Bank disarankan untuk diagunkan pada Bank Negara yang secara hukum bisa dipertanggung jawabkan bila ada sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Setelah dilakukan penyerahan sertifikat secara simbolis pada acara seremonial, selanjutnya penyerahan sertifikat dilakukan oleh petugas BPN melalui per meja dibantu oleh Perangkat Desa. Agar tertib dan cepat tersedia 4 meja layanan yang sudah diatur berdasarkan nomer urut sebagaiman tertera pada undangan. (r35).

Pos terkait