Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan Gunung Lawu

Kabaroposisi.net | Magetan – Kebakaran lahan di lereng gunung lawu mulai melebar dan sudah mendekati area pemukiman warga di sekitar lereng lawu bagian selatan meliputi kelurahan Sarangan, Desa Pacalan, desa Getas, Desa Ngancar dan sekitarnya.
Kapolsek Plaosan AKP Joko Yuwono beserta jajarannya kordinasi dengan unsur terkait dan pembagian tugas untuk melakukan pemutusan jalur api agar api tidak sampai merembet ke pemukiman warga sekitar yang terdampak.

Unsur yang terlibat dalam kegiatan ini meliputi BPBD Kabupaten Magetan, Perhutani, CDK Wilayah Madiun, Senkom, TNI, Hanom Hancala dengan jumlah personil kurang lebih 226 personil.

Kapolsek Plaosan AKP Joko Yuwono berharap masyarakat ikut terlibat dalam upaya penanganan bencana ini. “Saya berharap masyarakat ikut menjaga dan ikut memadamkan api supaya tidak menjalar ke kawasan pemukiman”, ujar Joko Yuwono.

Karena peran serta masyarakat juga sangat penting dalam menjaga hutan sekitar lereng lawu terutama jika masyarakat membakar sampah harus lebih berhati hati lagi supaya tidak sampai merembet ke dedaunan kering di sekitar yang mudah terbakar.

Pembagian lokasi pemutusan jalur api di bagi untuk warga ngancar di khususkan untuk wilayah cemoro sewu, dan untuk warga Singolangu dan Panjang di area utara LGF, dan warga Getas dan Pacalan di area lereng utara timur gunung lawu.(pri99)

Pos terkait