Wisata Pandan Sili Objek Wisata Unggulan Desa Ngampungan Bareng

Kabaroposisi.net | Jombang – Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menggelar Gelar Potensi Investasi Jombang (GPIJ) yang diikuti 27 peserta. Salah satunya adalah Desa Ngampungan kecamatan Bareng yang ditunjuk oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) kabupaten Jombang.

Tampak hadir Pj. Bupati Jombang Sugiat, Ketua DPRD Jombang Mas’ud Zuremi, Dansatrad 222 Ploso Letkol Lek Eka Yawendra Parama, Wakapolres Jombang Kompol Hari Kurniawan, Ketua Pengadilan Agama Jombang, Kodim 0814 Jombang, asisten, staf ahli, segenap Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Jombang. Bertempat di Alun-alun Kabupaten Jombang. Kamis (26/10/2024)

Pj. Bupati Jombang Sugiat ketika sambutan menyampaikan, investasi atau penanaman modal memiliki peran sentral dalam pembangunan ekonomi lokal. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan ekonomi Kabupaten Jombang adalah dengan mendorong pertumbuhan investasi melalui peningkatan potensi daerah.

“Gelar Potensi Investasi Jombang (GPIJ) adalah salah satu media Pemerintah Kabupaten Jombang untuk mempromosikan potensi dan peluang serta iklim investasi kepada pelaku usaha baik dari dalam dan luar negeri,” tuturnya.

Pengaruh investasi yang signifikan akan menciptakan lapangan kerja, menumbuhkan perekonomian masyarakat sekitar, meningkatkan daya beli masyarakat sekitar sehingga angka harapan hidup lebih baik. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Jombang berupaya meningkatkan potensi salah satunya melalui pameran Gelar Potensi Investasi Jombang,imbuhnya.

“Kepada investor yang telah lama berinvestasi di Kabupaten Jombang maupun yang baru pertama kali datang, saya mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas minat dan keyakinan anda untuk berinvestasi di Kabupaten Jombang. Mari bersama-sama mendorong pertumbuhan ekonomi melalui investasi,” ucapnya.

Ditempat sama Kepala Desa Ngampungan Rohan ketika diwawancara mengatakan, bahwa Badan usaha milik Desa (BumDes) Maju Sejahtera Desa Ngampungan yang dipilih oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) untuk mewakili stand di Gelar Potensi Investasi Jombang (GPIJ) yang dilaksanakan selama dua hari ini. Yakni tanggal 26-27 Oktober 2023.

“Untuk desa Ngampungan ada empat unit usaha BumDes yang kita tampilkan di sini, salah satu unggulan adalah unit wisata yg dikelola BumDes yang bekerjasama dengan kelompok sadar wisata ( pokdarwis),” katanya.

Jenis wisata unggulan desa Ngampungan adalah kolam renang, wisata alam, dan salah satu keunggulan wisata Pandan Sili yang bersumber dari sumber air langsung, imbuhnya.

“Jadi serasa mandi di air mineral karena air dari alam dan sangat segar. Setiap hari kita menguras airnya dan setiap tiga hari kita bersihkan. Oleh karena itu setiap hari sirkulasi air selalu berganti,” terang Rohan.

Warga masyarakat desa Ngampungan sangat antusias dengan adanya wisata Pandan Sili, dan Wisata Pandan Sili berasal dari keinginan warga untuk memberikan kontribusi kepada desa yang merupakan pendapatan asli desa.

Sementara tiket masuk wisata Pandan Sili sangat terjangkau oleh semua lapisan masyarakat yakni hanya merogoh kantong Rp.10.000,- ( sepuluh ribu rupiah) yang sudah termasuk asuransi bagi pengunjung.

“Dan kelebihan lain dari wisata Pandan Sili adalah tidak membatasi pengunjung untuk membawa makanan dari luar. Serta kami tekankan untuk para pedagang untuk menjual sesuai harga umum dan tidak meng up harga. Semoga dengan adanya GPIJ ini kami berharap Pemerintah Kabupaten dan juga barangkali nantinya ada investor yang berkenan untuk mengembangkan usaha di desa Ngampungan sehingga muncul destinasi desa Ngampungan yang lain selain wisata Pandan Sili,” pungkas Kades Ngampungan Rohan.(tyas)

Pos terkait