Selain Sosialisasi PBB, Plt. Camat Singojuruh Minta Warga Alasmalang Kembali Rukun Pasca Pilkades

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Di pendopo kantor Desa Alasmalang Kecamatan Singojuruh, Rabu 1/11/2023 berlangsung acara Sosialisasi Pajak Bumi Bangunan (PBB) oleh Pemerintah Kecamatan. Hadir dalam kegiatan tersebut Plt. Camat Singojuruh Drs. Anas Sugiarto didampingi Yahmadi Staf Pemerintahan Kecamatan Singojuruh.

Kegiatan Sosialisasi PBB secara kebetulan dibarengi dengan agenda kegiatan Pemerintah Desa Alasmalang yaitu penyerahan insentip kepada para Ketua RT/RW se Desa Alasmalang. Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Heru selaku Plt. Kepala Desa Alasmalang dalam sambutan penghormatannya.

Heru (Plt. Kades) atas nama Pemerintah Desa menyampaikan permohonan maaf, karena penyerahan insentip RT/RW tertunda sampai 6 bulan. Hal itu terjadi karena Pemdes Alasmalang menunggu realisasi tahap 2 (dua) ADD. Sehingga tidak hanya soal insentip yang tertunda namun adalah hal lain juga tertunda. Artinya para RT/RW se Desa Alasmalang kali ini menerima insentip selama 6 bulan terhitung dari bulan Mei, Juni, Juli, Agustus, September, dan Oktober.

Plt. Camat Singojuruh Drs. Anas Sugiarto dalam sambutan arahannya awali dengan ucapkan terima kasih kepada semua pihak. Yang telah mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Alasmalang 25 Oktober lalu dengan lancar, aman terkendali, dan kondusif. Masih soal Pilkades Plt. Camat Anas mengajak kepada semua pihak di Desa Alasmalang. Untuk tetap menjaga kerukunan meski kemarin saat Pilkades sempat terjadi beda pilihan.

“Pilkades sudah selesai, harus kita syukuri bersama Pilkades kemarin berjalan lancar aman dan kondusif samapai per hari ini tidak ada masalah apapun. Mari kita bersama-sama tetap jaga kerukunan, beda pilihan itu pasti dalam berdemokrasi. Akan tetapi jangan karena perbedaan itu kita korbanan silaturrahmi dan kerukunan yang baik sebelumnya. Saya harap kepada Pak RT, Pak RW bisa kendalikan warganya di lingkungan masing-masing, selanjutnya satukan pandangan bagaimana Desa Alasmalang lebih baik ke depannya”, saran dan pinta Drs. Anas Sugiarto.

Lebih lanjut Anas singgung soal PBB, entah kenapa kata Anas, penerimaan pajak (PBB) Desa Alasmalang biasanya capaian targetnya terpenuhi, kali ini tidak seperti biasanya. Oleh karena itu ditekankan melalui para Ketua RT/RW untuk menyampaikan kepada warganya agar segera meyelesaikan kewajiban pajaknya. Ditegaskan pula bahwa pajak adalah salah satu sumber pendapatan Pemerintah untuk membiayai pembagunan di semua sektor termasuk di Desa Alasmalang.

Selain itu Anas selaku Plt. Camat woro-woro agar masyarakat Desa Alasmalang untuk ramai-ramai menginstal aplikasi Smart Kampung. Karena dengan mempunyai aplikasi Smart Kampung itu, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan dari Pemerintah tanpa harus datang ke kantor Desa. Anas pun tegaskan kepada Plt. Kades Alasmalang serta perangkatnya, untuk turun ke masyarakat sosialisasi dan berikan panduan soal aplikasi Smart Kampung.

Secara khusus sosialisasi tentang Pajak Bumi Bangunan (PBB) disampaikan oleh Yahmadi (Staf Pemerintahan Kecamatan Singojuruh). Setelah panjang lebar Yahmadi sampaikan soal betapa pentingnya penerimaan dan pemanfaatan pajak. Senada dengan Plt. Camat, Yahmadi meminta kepada petugas pungut pajak di Desa Alasmalang untuk lebih giat lagi dalam melakukan penarikan pajak kepada warga wajib pajak.

Sebagai bagian dari Sub Panitia Pilkades Kabupaten Yahmadi menggarisbawahi arahan Plt. Camat Singojuruh Drs. Anas Sugiarto. Hendaknya masyarakat Desa Alasmalang menerima dengan baik hasil Pilkades dengan mengatakan,

“Kang uswis yo uwis, kang durung diati-ati (yang sudah ya sudah, yang belum dihati-hati), rukun kang rukun riko ambi kancane, dung sing gelem rukun paran paedae (rukun yang rukun kalian sesama, kalau tidak mau rukun apa manfaatnya)”, ungkap Yahmadi kutip penggalan syair lagu-lagu Banyuwangi yang punya makna edukasi moral itu. (r35).

Pos terkait